Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo mengadakan Workshop Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan bagi Industri yang memiliki Dokumen UKL-UPL pada Kamis (18/11/21) di Pondok Wisata Kampoeng Kita – Kecamatan Gading.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidang Pengendalian dan Penaatan Lingkungan Hidup ini dihadiri oleh 40 perusahaan di Kabupaten Probolinggo yang telah memiliki Dokumen UKL-UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup).

Workshop dibuka oleh Kepala DLH Kabupaten Probolinggo, Drs. Dwijoko Nurjayadi, MM, dilanjutkan dengan pengisian materi oleh 5 orang narasumber, yaitu 1 orang narasumber dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Probolinggo dan 4 orang narasumber dari DLH.

Materi dari DPMPTSP yaitu mengenai Tata Kelola Prosedur Perizinan setelah berlakunya Undang-Undang Cipta Kerja, khususnya pada sektor Lingkungan Hidup. Sedangkan materi dari DLH Kabupaten Probolinggo membahas mengenai Pengendalian Pencemaran Air dan udara (Persetujuan teknis Mutu Air dan udara), Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (Rincian teknis PLB3), serta tata cara atau prosedur mendapatkan Persetujuan Lingkungan berdasarkan PP Nomor 22 Tahun 2021 beserta aturan turunannya.

Untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta, pada awal acara pembinaan diberikan soal tertulis (pre test) dan di akhir acara diberikan soal yang sama (post test). Dengan adanya workshop ini, diharapkan peserta dapat mengetahui ketentuan-ketentuan baru pada perizinan di bidang lingkungan hidup, khususnya terkait perubahan dan tata cara memperoleh izin, baik izin baru maupun perpanjangan. Selanjutnya peserta dapat memahami hak, kewajiban, dan tanggungjawabnya dalam pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup.

#WorkshopLingkungan