Dringu 2018, Lingkungan yang bersih, teduh, nyaman dan indah pada dasarnya dapat diwujudkan dimana saja khususnya tempat – tempat umum asal masyarakatnya mau saling menjaga kebersihan dan kelestariannya, salah satunya adalah keberadaan Taman Diklat yang berlokasi di depan komplek perkantoran Diklat Pabean-Dringu.

       Lokasi Taman Diklat tersebut sangat rindang dan strategis, banyak pohon perindangan yang telah tumbuh besar, namun ironisnya kondisi taman selama ini sangat memperihatinkan, bahkan terkesan kumuh akibat minimnya perhatian dan dukungan masyarakat.

           Setiap hari, Seringkali terlihat banyak warga masyarakat termasuk mahasiswa memanfaatkannya untuk tempat beristirahat atau sekedar duduk-duduk diatas taman sambil mengobrol, menunggu kendaraan umum, dan atau menikmati jajanan dari pedagang kaki lima yang berjualan di area taman. Atas kebiasaan tersebut sering ditemukan adanya sampah sisa dagangan yang dibuang di pinggiran taman, hal ini membuat taman semakin kotor.

       Kondisi taman tersebut tentu membuat prihatin DLH selaku Organisasi Perangkat Daerah yang menangani Taman Kota, sebelumnya telah beberapa kali dibenahi, namun nasib kebersihan dan keindahannya taman selalu mengalami kondisi yang memperihatinkan. Ini adalah merupakan salah satu tantangan tersendiri bagi kami, taman Diklat tetap harus di benahi, demikian salah satu ungkapan disampaikan Bedjo Rijanto, S.Sos selaku Kasi Perawatan Taman pada DLH.

          Oleh karena itu setelah selesai membenahi taman kawasan depan pasar buah Semampir kraksaan, lokasi sasaran pembenahan berikutnya diarahkan pada Taman Diklat. Adapaun beberapa tanaman bunga-bungaan yang di tanam yaitu : 2000 batang kacang-kacangan, 200 batang walisongo, 300 batang puring, 300 batang iris, 175 batang bulu ayam, 150 batang sambang darah, 200 batang taiwan beauty, 1000  batang tetean, 800 batang bakung, 200 batang tri colour dan beberapa tanaman menarik lainnya.

        Selanjutnya untuk membuka kesadaran dan perhatian masyarakat dalam menjaga kebersihan dan keindahan taman, Bedjo dkk memasang plang peringatan “Dilarang Menginjak Taman” agar masyarakat lebih peduli akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan sekitar. Hal ini terbukti cukup ampuh, hingga saat ini keberadaan taman masih terawat, kami berharap kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestariannya. Taman Diklat di Pabean – Dringu saat ini benar-benar telah tampil beda.  (Bid. Pemeliharaan LH 5/6/18).