Tim Penilai Eco Pesantren Provinsi Jawa Timur melakukan verifikasi dan validasi ke 10 Pondok Pesantren (PP) di Jawa Timur pada 11 s/d 19 November 2021. Di Kabupaten Probolinggo, PP yang diusulkan sebagai Calon Penerima Penghargaan Eco Pesantren Jawa Timur yaitu PP Nurul Jadid Paiton. PP Nurul Jadid Paiton dinyatakan lolos seleksi dokumen dan dilakukan verifikasi lapangan pada Jum’át (12/11/21).

Tim penilai Eco Pesantren yang hadir dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jatim dan Kementerian Agama Provinsi Jatim, yaitu Tri Wahyu Nugroho, Putut Reza dan Nur Ibadi. Turut mendampingi Tim Penilai, Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas LH, Bakorwil V Jember dan Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo.

Eco Pesantren adalah program dari Kementerian Lingkungan Hidup yang dicanangkan sejak tahun 2008. Program ini bertujuan untuk mendorong peningkatan pengetahuan, kepedulian, kesadaran, dan peran serta aktif warga pondok pesantren terhadap upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup berdasarkan ajaran agama Islam.

Pada tahun 2021 ini, DLH Provinsi Jawa Timur untuk pertama kalinya melaksanakan kegiatan penilaian Eco Pesantren Tingkat Provinsi. Indikator penilaian Eco Pesantren yaitu adanya kebijakan ramah lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan berbasis taddabur alam, pengembangan sarana dan prasarana pendukung pondok pesantren, peningkatan kapasitas komunitas pesantren, kegiatan ramah lingkungan di Pondok Pesantren dan produk/jasa ramah lingkungan.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat menjadi wadah generasi muda, khususnya santri agar menjadi lebih peduli dan berwawasan lingkungan sehingga menjadi motor penggerak dalam meningkatkan kualitas lingkungan di masyarakat nantinya.

#ecopesantren