Tim Penilai Adiwiyata Provinsi Jawa Timur melakukan verifikasi lapangan ke Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi (CSAP) di Kabupaten Probolinggo pada Senin (04/10/21). Sekolah yang dikunjungi yaitu SDN Sumurmati 2 Kecamatan Sumberasih. Dua CSAP lainnya yaitu SMPN 2 Besuk dan MAN 1 Probolinggo telah dilakukan verifikasi pada 27 September 2021.

Tiga orang tim penilai Adiwiyata Provinsi yang hadir, yaitu dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jatim, Eka Agustina dan Mohamad Kimiawan, serta dari Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Warsiyati.
Turut mendampingi Tim Penilai, dari DLH Kabupaten Probolinggo hadir Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas LH serta Kepala Seksi Kemitraan dan Peningkatan Kapasitas LH.

Hadir pula dalam acara ini pejabat/staf dari Bakorwil V Jember, dari Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, dan Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Kecamatan Sumberasih.

Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). Gerakan ini bertujuan untuk mewujudkan perilaku ramah lingkungan hidup dari warga sekolah.

Standar penilaian pelaksanaan Gerakan PBLHS, diantaranya pembelajaran pada mata pelajaran, ekstrakurikuler dan pembiasaan diri yang mengintegrasikan Penerapan Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH) di sekolah.

PRLH diterapkan pada kegiatan kebersihan, fungsi sanitasi dan drainase, pengelolaan sampah, penanaman dan pemeliharaan pohon/tanaman, konservasi air, konservasi energi serta inovasi terkait penerapan PRLH lainnya.

#AdiwiyataProvinsi
#CSAP