Sebagai tindak lanjut pembahasan rencana kerjasama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Kabupaten Probolinggo, PT. Noor Energi Baik bersilaturrahim dengan Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE di di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa pada Rabu (26/05/21).

Pada pertemuan tersebut Bupati Tantri didampingi oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Probolinggo, serta Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam.

Bupati Tantri merespon baik rencana kerjasama pengelolaan sampah ini, mengingat adanya PLTSa dapat menjadi jalan keluar dari permasalahan sampah, sekaligus mendukung penyelenggaraan tenaga listrik yang efisien, aman dan berkelanjutan.

PT. Noor Energi Baik sebagai investor nantinya akan bersinergi dengan Langenburg Technologies, sebuah perusahaan asal Jerman yang bergerak di bidang pengolahan sampah dan limbah, serta penyediaan air bersih.

Untuk membangun PLTSa, harus dipastikan ketersediaan sampah (jumlah sampah per hari) dengan kapasitas minimal keekonomian PLTSa. Pemerintah Kabupaten Probolinggo akan bekerja sama dengan pemerintah daerah sekitarnya untuk penyediaan bahan baku sampah.