Tanaman hias yang ditanam di beberapa taman dan median jalan Kota Kraksaan kerap kali hilang. Bahkan terkadang tanaman hilang beserta pot bunganya. Hilangnya beberapa sarana prasarana taman itu diduga akibat ulah pengunjung yang tidak bertanggung jawab.

Tanaman yang seringkali hilang yaitu jenis tanaman Bougenville, Amarylis, Coleus dan tanaman hias lainnya dengan jumlah tak terhitung. Petugas dari Bidang Pemeliharaan Lingkungan Hidup telah secara rutin memantau taman di beberapa ruas jalan, namun sampai hari ini masih sering terjadi pencurian tanaman.

Pemeliharaan taman, hutan kota dan jalur hijau jalan merupakan salah satu kegiatan rutin Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo. Untuk tanaman yang hilang atau rusak, akan segera dilakukan penyulaman atau penggantian tanaman.

Penyulaman merupakan kegiatan pemeliharaan kondisional yang hanya dilakukan apabila terdapat tanaman yang hilang, mati atau rusak.

Fasilitas taman termasuk tanamannya, janganlah dirusak ataupun diambil, karena merupakan fasilitas umum yang dimanfaatkan bersama oleh masyarakat.

Mari kita tumbuhkan rasa memiliki (sense of belonging) dengan ikut menjaga dan merawat keberadaannya agar dapat berfungsi secara optimal, baik fungsi estetika untuk keindahan, maupun fungsi ekologis sebagai paru-paru kota.

#RuangTerbukaHijau