Kraksaan 2018, Untuk menjadikan lingkungan yang bersih, asri, teduh dan nyaman tentu butuh perjuangan dan semangat yang tinggi untuk mewujudkannya, demikian pula yang perlu dilakukan terhadap pengelolaan dan perawatan taman Aloon-aloon Kraksaan. Aloon-aloon Kraksaaan sebagai ruang publik keberadaannya saat ini telah menjadi icon kebanggaan Warga Kota Kraksaan. Penataan dan perawatan taman dengan bermacam-macam tanaman dan bunga-bungaan serta fasilitas pendukung seperti tempat bermain anak dan fasilitas-fasilitas lainnya, menjadikan Aloon-aloon tampak indah, rindang dan menarik untuk dikunjungi baik untuk sekedar melepas lelah, olah raga, rekreasi bahkan rekreasi keluarga.

Aloon-aloon Kraksaan sebagai ruang publik, oleh Pemerintah Daerah selama ini biasanya hanya digunakan untuk kegiatan Upacara kenegaraan setiap 17 Agustus, namun berikutnya juga mulai dimanfaatkan sebagai lokasi tempat gelaran event-event besar skala nasional seperti Inbox SCTV dan Panggung Gembira Indosiar.

Untuk menjadikan Aloon-aloon sebagai ruang publik yang bersih, teduh, indah dan nyaman dikunjungi, tentu tidak bisa hanya bergantung pada Dinas Lingkungan Hidup selaku OPD yang diberi tugas melakukan perawatan taman, namun perlu kepedulian dan peran serta semua pihak termasuk masyarakat dan para pengunjung.

Sukses penyelenggaraan event di Aloon-aloon bagi DLH kiranya tidak cukup hanya terlihat dari lancarnya penyelenggaraan event dan banyaknya animo penonton yang hadir, namun perlu dilihat pula sejauh mana dampak kerusakan dan kebersihan taman bisa dikendalikan dan dapat dilakukan pemulihan kembali.

DLH akan terus berupaya untuk bisa menjadikan taman aloon-aloon bisa menjadikan kebanggaan warga.

Hal ini bisa dilihat dari upaya pengendalian dan pemulihan pasca penyelenggaraan event termasuk perbaikan kerusakan taman akibat adanya dampak bencana alam puting beliung yang menerjang aloon-aloon pada akhir 2017 lalu.

Perjuangan terus berlanjut, kiranya tidak cukup hanya dengan semangat dan keikhlasan, namun kebersamaan, kepedulian dan partisipasi semua pihak sangat diperlukan untuk menjaga dan merawatnya. (Bid Prwt-8/2 18).