Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo mengadakan sosialisasi penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) pada Rabu (11/11/20) di ruang pertemuan DLH Dringu.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi vertikal yang masuk dalam tim penyusun DIKPLHD, diantaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Perum Perhutani KPH Probolnggo, serta Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Lumajang Wilker Probolinggo.

Hadir pula perwakilan dari perguruan tinggi yaitu Universitas Panca Marga Probolinggo dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di bidang Lingkungan Hidup, Sekolakonang.

Sosialisasi ini dibuka oleh Sekretaris DLH Kabupaten Probolinggo, Asep Chairul Saleh didampingi Kasi Kajian dan Informasi Lingkungan Hidup, Rusmalina. Selaku narasumber hadir Kepala Seksi Inventarisasi dan RPPLH DLH Provinsi Jawa Timur, Dwi Atmoko Sektiawan.

DIKPLHD adalah dokumen yang disusun tiap tahun oleh instansi Lingkungan Hidup, berisi informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah, yang menyatakan kondisi, permasalahan, dan kebijakan dan/atau program yang diterapkan daerah dalam melakukan pengelolaan lingkungan hidup.

DIKPLHD disusun oleh Tim yang dibentuk oleh Kepala Daerah yang keanggotaannya melibatkan unsur-unsur OPD terkait, Perguruan Tinggi dan LSM. DIKPLHD Provinsi maupun kabupaten/kota akan dinilai dan dievaluasi oleh KLHK untuk melihat komitmen dan kinerja Kepala Daerah dalam pengelolaan lingkungan hidup di wilayahnya.

Pemerintah akan memberikan penghargaan atas DIKPLHD terbaik berupa penghargaan Nirwasita Tantra. Penghargaan ini diberikan kepada Kepala Daerah yang dinilai mampu merumuskan dan menerapkan kebijakan pengelolaan lingkungan hidup sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan.