Dalam rangka membangun pusat data dan informasi lingkungan hidup, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo membuat aplikasi Sistem Informasi Lingkungan Hidup (SILH) dan menggelar Pelatihan Pengisian Data Aplikasi tersebut pada Kamis (12/09/19).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan DLH tersebut, dihadiri oleh 7 orang staf yang menjadi operator mewakili Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas LH, Bidang Pengendalian dan Penaatan LH, serta UPTD Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Probolinggo. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas LH,  Anang Budiarto.

“Acara ini merupakan pelatihan tahap kedua. Dengan adanya perubahan fitur pada aplikasi SILH terutama pada data pengujian kualitas air, diperlukan pelatihan lanjutan untuk pengisian datanya,” katanya.

Peserta dilatih cara pengisian data aplikasi dengan instruktur dari CV. Birunet Media Computindo Malang selaku pembuat aplikasi. Dalam kesempatan tersebut, dibagikan buku panduan untuk pengisian aplikasi kepada seluruh peserta.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan operator dari masing-masing bidang dapat memahami manfaat adanya aplikasi SILH ini dan dapat mengisi data secara rutin sehingga data yang disajikan selalu update. (P2KLH)