Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menggelar sosialisasi online penanganan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Infeksius Covid-19 dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo pada Senin (08/06/20).

Sosialisasi yang dilaksanakan melalui media video conference ini diikuti beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Probolinggo yaitu Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Kesehatan, RSUD Tongas, Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS) serta LSM Gajah Mada.

Acara dimulai dengan sambutan dari Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si yang dilanjutkan pemaparan oleh narasumber dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati.

Secara virtual pada video conference tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan sarana penanganan limbah Covid-19 secara simbolis dari KLHK Dirjen PSLB3 yang diserahkan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI, Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo, yaitu bantuan 35 unit drop box limbah B3 Fasyankes, bantuan 200 paket Alat Pelindung Diri (APD) petugas pengelola limbah B3 Fasyankes, bantuan 7.000 plastik pengumpul limbah B3 Fasyankes dan kendaraan pendukung penyemprotan desinfektan.

Kepala DLH Kabupaten Probolinggo H. Ahmad Hasyim Ashari dalam acara ini menyampaikan paparan mengenai penanganan Limbah B3 Infeksius Covid-19 di Kabupaten Probolinggo. Disampaikan bahwa dengan adanya Covid-19, limbah B3 infeksius yang dikelola oleh RS rujukan meningkat drastis. Sebelum adanya Covid-19, limbah B3 infeksius yang dikelola sekitar 600 Kg/bulan. Setelah adanya Covid-19, limbah B3 infeksius yang dikelola di atas 1.000 Kg/bulan pada bulan April dan Mei 2020.

Pengelolaan limbah B3 infeksius dalam kondisi pandemik Covid-19 berpedoman pada Surat Edaran (SE) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: SE.2/MENLHK/PSLB3/PLB.3/3/2020 tentang Pengelolaan Limbah Infeksius (Limbah B3) dan Sampah Rumah Tangga dari Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19).

Dalam rangka menindaklanjuti SE Menteri LHK tersebut, Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah menerbitkan SE Bupati Probolinggo Nomor: 800/696/426.111/2020 tentang Pengelolaan Limbah dari Penanganan Covid-19 pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan.