Pelatihan adalah salah satu upaya dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) terutama untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian dan keterampilan dalam pelaksanaan tugas secara professional. Sedangkan sertifikasi merupakan pengakuan akan keahlian dan ketrampilan sesuai dengan standar kompetensi kerja yang dipersyaratkan.

Berdasarkan tujuan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo melalui anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun Anggaran 2020 mengirimkan peserta untuk mengikuti pelatihan teknis dan sertifikasi bagi petugas pengambil contoh air dan air limbah.

Pelatihan dan sertifikasi ini diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) Cepu – Kabupaten Blora, pada 12-14 November 2020. Peserta yang dikirim untuk mengikuti pelatihan adalah empat orang staf UPT laboratorium DLH Kabupaten Probolinggo.

Pelatihan untuk personil laboratorium ini dianggarkan dalam kegiatan pelatihan dan/atau sertifikasi bagi tenaga teknis di bidang lingkungan yang diselenggarakan oleh instansi/lembaga resmi yang diakui oleh Pemerintah tahun anggaran 2020. Pelatihan yang diikuti merupakan pelatihan yang dipersyaratkan dalam kualifikasi personil laboratorium.

Laboratorium DLH Kabupaten Probolinggo secara kelembagaan telah ditetapkan dengan Peraturan Bupati Probolinggo Nomor: 77 Tahun 2018 tentang Pembentukan Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo.

Namun dengan adanya berbagai kendala teknis, sampai dengan saat ini laboratorium DLH Kabupaten Probolinggo belum mendapatkan sertifikat akreditasi dan registrasi.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) berpedoman pada standar ISO/IEC 17025:2017, yang terdiri dari persyaratan umum, struktural, sumber daya, proses dan sistem manajemen.

DLH Kabupaten Probolinggo secara bertahap telah mengikuti prosedur dan persyaratan sesuai standar tersebut, untuk meraih akreditasi laboratorium pengujian parameter kualitas lingkungan.