Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) merupakan peringatan peristiwa yang terjadi pada tanggal 21 Februari 2005 silam. Akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah di TPA Leuwigajah Cimahi, menyebabkan 157 orang meninggal.

Hari Peduli Sampah Nasional merupakan momen berharga untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan, terutama dalam pengelolaan sampah dengan langkah sederhana yaitu Reduce, Reuse, Recycle (3R).

Namun sayangnya berdasarkan data Statistik Lingkungan Hidup Indonesia 2018, menunjukkan hanya 8,7% rumah tangga selalu membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi sampah.

Sedangkan rumah tangga yang melakukan kegiatan daur ulang hanya 1,2% rumah tangga. Sementara 66,8% rumah tangga masih membakar sampah untuk penanganan sampahnya. Padahal pembakaran sampah merupakan sumber polusi yang dapat menyebabkan penyakit pernafasan.

Berdasarkan Surat Edaran Nomor: SE.1/MENLHK-PSLB3/PS/PLB.0/2/2020 tentang Hari Peduli Sampah Nasional 2020, ditetapkan tema Peringatan HPSN Tahun 2020 yaitu, “Indonesia Bersih, Indonesia Maju dan Indonesia Sejahtera”.

Pemerintah/Pemerintah Daerah dan elemen masyarakat dihimbau untuk mengadakan rangkaian kegiatan peringatan HSPN 2020 yang meliputi:

a. Penyelenggaraan peringatan HPSN 2020 di seluruh wilayah Indonesia dan diutamakan untuk dilaksanakan di lokasi destinasi wisata untuk menunjukkan dan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai permasalahan sampah di tempat wisata dan pengelolaannya.

b. Kampanye tema HPSN dan partisipasi secara online maupun offline.

c. Membangun partisipasi mayarakat dalam bentuk: aksi bersih di darat dan di laut, lomba-lomba terkait 3R, pameran dan edukasi penanganan sampah.

Acara puncak HPSN 2020 dipusatkan di Labuan Bajo tanggal 6 Maret 2020 yang terdiri dari apel peduli sampah di seluruh lingkungan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota serta apel peduli sampah di sekolah-sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat diikuti oleh seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

#HPSN