Hari Pangan Sedunia atau World Food Day diperingati setiap tanggal 16 Oktober. Tema Hari Pangan Sedunia tahun 2021 adalah “Our actions are our future – Better production, better nutrition, a better environment and a better life.”

Tujuan peringatan Hari Pangan Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat internasional akan pentingnya penanganan masalah pangan, baik di tingkat global, regional maupun nasional.

Pemborosan pangan menjadi isu yang banyak mendapatkan perhatian publik. Food and Agricultural Organization (FAO) memperkirakan bahwa sekitar sepertiga dari makanan yang diproduksi untuk konsumsi manusia, hilang atau terbuang antara proses panen dan proses konsumsi, yang dikenal sebagai Food Loss and Waste (FLW).

Sebanyak 14% kehilangan pangan (Food loss) terjadi pada tahap produksi pangan, pascapanen, penyimpanan, pemrosesan dan pengemasan. Sementara 17% makanan terbuang (Food waste) pada proses distribusi, pemasaran dan konsumsi.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2018, sebanyak 44% timbulan sampah di Indonesia merupakan sampah makanan. Indonesia juga diklaim sebagai negara penghasil FLW terbesar kedua di dunia, diperkirakan mencapai 300 kg per kapita per tahun.

Dari hasil kajian Food Loss and Waste di Indonesia yang diterbitkan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas (2021), disebutkan bahwa timbulan FLW menyebabkan kerugian ekonomi sebesar Rp 213-551 triliun/tahun atau setara dengan 4-5% PDB Indonesia per tahun.

Di sektor lingkungan pada periode 2000-2019, timbulan FLW menghasilkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) setara dengan 7,29% rata-rata emisi GRK Indonesia per tahun. Dari kacamata sosial, kehilangan kandungan energi yang hilang akibat FLW diperkirakan setara dengan porsi makan 61 juta-125 juta orang per tahun.

Indonesia telah berkomitmen mengurangi sampah, termasuk sampah makanan sebesar 30% dan 70% target penanganan sampah pada tahun 2025. Mengurangi sampah makanan sangat penting untuk pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu SDG 12. Menjamin Pola Produksi dan Konsumsi yang berkelanjutan.

#WorldFoodDay