Hari Lingkungan Hidup Sedunia dirayakan setiap tahun pada tanggal 5 Juni sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan penyelamatan lingkungan.

Hari Lingkungan Hidup juga menjadi kesempatan untuk merefleksikan pencapaian dan terus melanjutkan tekad kita dalam mengatasi tantangan lingkungan hidup yang dihadapi dunia hingga saat ini.

Diperingati sejak tahun 1972, Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah bentuk kampanye untuk menyampaikan keberhasilan upaya penyelamatan lingkungan yang merupakan bagian dari SDGs.

Pemerintah, perusahaan, lembaga swadaya masyarakat, komunitas, selebriti dan masyarakat di seluruh lapisan dunia mengadopsi Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan berpartisipasi dalam perayaan setiap tahunnya untuk mendukung kelestarian lingkungan.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021 diselenggarakan di Pakistan dengan tema “Ecosystem Restoration” dengan kampanye “Reimagine, Recreate, Restore”.

Ecosystem Restoration dapat diartikan sebagai upaya pemulihan ekosistem yang telah terdegradasi serta pelestarian ekosistem yang masih baik.

Ekosistem yang alami maupun buatan dapat dipulihkan, termasuk hutan, lahan pertanian, perkotaan, lahan basah dan lautan.

Ekosistem yang lebih baik akan menjaga keanekaragaman hayati yang lebih kaya, membawa manfaat yang lebih besar bagi bumi dan masyarakat. Memulihkan ekosistem berarti melindungi dan meningkatkan pemulihan ekonomi masyarakat.

Sumber: KLHK

#WorldEnvironmentDay
#GenerationRestoration