Untuk menggunakan twibbon (bingkai foto) Hari Kehati Sedunia, silahkan klik tautan berikut: https:// twb.nz/kehati22

Hari Keanekaragaman Hayati (Kehati) Sedunia atau International Day for Biological Diversity diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Mei. Tujuan peringatan hari Kehati adalah untuk meningkatkan kesadaran dan menumbuhkan kecintaan terhadap keanekaragaman hayati atau biodiversitas di bumi.

Kehati adalah keanekaragaman makhluk hidup di muka bumi dan peranan-peranan ekologisnya, termasuk semua jenis tumbuhan, hewan dan mikroba.

Setiap tahunnya Hari Kehati mengangkat tema berbeda yang ditentukan oleh sekretariat PBB. Tema Hari Kehati Tahun 2022 adalah “Building a shared future for all life” atau diterjemahkan menjadi “Membangun masa depan bersama untuk kehidupan”. Tema ini sebagai pengingat bahwa keanekaragaman hayati adalah jawaban atas beberapa tantangan pembangunan berkelanjutan.

Penggundulan hutan, hilangnya keanekaragaman hayati, dan perubahan iklim menjadikan pandemi lebih mudah terjadi. Pemanasan global kemungkinan akan mempercepat munculnya virus baru.

Semakin banyak jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di bumi, semakin mudah bagi manusia untuk dapat bertahan hidup. Hilangnya kehati pada tumbuhan, hewan dan mikroba dapat disebabkan oleh perubahan habitat, polusi, eksploitasi yang berlebihan dan perubahan iklim.

Perilaku manusia dapat membawa dampak besar pada planet ini. Kita bisa membawa perubahan positif di bumi ini dengan mendorong pertumbuhan dan keanekaragaman. Atau kita juga bisa membuat perubahan negatif dengan merusak bumi yang kita tinggali. Pilihan ada di tangan kita.

#InternationalDayforBiologicalDiversity
#harikeanekaragamanhayati
#ForNature