Paiton 2018, Minggu pagi 25 Pebruari 2018 di pesisir pantai Desa Sumberanyar Kecamatan Paiton atau lokasi yang lebih dikenal masyarakat dengan nama Lapangan Tembak dan pelabuhan TPI Paiton memperlihatkan suasana yang berbeda, bukan hanya karena suasana paginya yang cerah dan tidak turun hujan seperti setiap harinya, tetapi suasana pantai menjadi sangat meriah dan ramai pengunjung.

Mereka yang berkunjung bukan para prajurit TNI yang bersiap akan berlatih menembak, tetapi mereka adalah orang-orang yang tergabung dalam komunitas peduli sampah Kabupaten Probolinggo yang sedang melakukan kampanye dan aksi bersih-bersih pantai dalam rangka menyambut Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018.

Dengan judul kegiatan “ Sapu Pantai 2018 “, sasaran lokasi penyelenggaraannya sengaja memilih pantai lapangan tembak Paiton karena beberapa pertimbangan, diantaranya : lokasinya berdekatan dengan pemukiman warga, sering dikunjungi warga meskipun sebenarnya adalah kawasan tertutup, kawasan tersebut biasanya hanya untuk tempat berlatih menembak bagi para prajurit TNI AL yang akan menjadi perwira, keberadaan pantai adalah merupakan satu kesatuan ekosistem dengan pelabuhan pantai TPI. Untuk itu perlu dijaga kelestariannya serta kebersihannya dari sampah baik sampah yang dihasilkan pengunjung, dari masyarakat maupun sampah kiriman yang terbawa arus air laut, demikian diantara ungkapan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah pada DLH Drs. Sentot Triadi S, M.Si.

Kegiatan Sapu Pantai 2018 ini adalah merupakan kegiatan puncak peringatan HPSN 2018 Kabupaten Probolinggo yang diselenggarakan bersama Komunitas pemerhati lingkungan yaitu Komunitas Bank Sampah Kabupaten Probolinggo, CSR PLTU Paiton PT POMI – Paiton Energy dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo.

Tidak kurang dari 800 Orang yang hadir terdiri dari unsur Aparatur Pemerintah Daerah, TNI, komunitas Bank Sampah, CSR PT POMI – Paiton Energy, Ormas Ansor yang tergabung dalam “pakarbeton” (Pakuniran, Kota anyar, Besuk, Paiton), Sekolah dan Masyarakat tampak sangat antusias dan bersemangat mengikut rangkaian kegiatannya.

Untuk menguji wawasan pengetahuan tentang sampah dan kebersihan, maka diawal kegiatan, diselenggarakan kuis pertanyaan kepada peserta dan yang tepat menjawabnya mereka memperoleh doorprize yang disediakan oleh PT POMI – PE. Selanjutnya dilaksanakan Apel persiapan aksi dan berkenan menyampaikan sambutan dari PT POMI – PE dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir. Rachmad Waluyo, M.Si menekankan bahwa permasalahan sampah adalah tanggung jawab seluruh komponen masyarakat, oleh karena itu melalui agenda peringatan HPSN ini hendaknya untuk selanjutnya kepedulian dan gerakan bersih lingkungan dapat dilaksanakan secara rutin mulai dari sumbernya sampai dengan pengolahan akhir melalui upaya 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) yaitu : Pembatasan timbulan sampah, pendaurulangan sampah atau pemanfaatan sampah, dan pemilahan sampah.

Usai Apel persiapan, dilanjutkan aksi sapu pantai. Setiap peserta dibekali trash bag untuk tempat pengumpulan sampah. Para peserta menyebar di sepanjang pantai, selanjutnya sampah yang telah terkumpul, ditimbang dan diangkut ke TPA Seboro dengan menggunakan truck sampah DLH. Tidak berlangsung lama, maka kondisi pantai Lapangan Tembak TPI paiton tampak kinclong dan bersih dari sampah. (Bid. Peng.Sampah 25/2 18).