Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo mengadakan rapat koordinasi bersama Tim Penilai Adiwiyata Kabupaten Probolinggo membahas Persiapan Penilaian Adiwiyata Tingkat Kabupaten Tahun 2020 pada Jum’at (16/10/20).

Rapat koordinasi dipimpin oleh Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas LH, Mohammad Said didampingi oleh Kepala Seksi Kemitraan dan Peningkatan Kapasitas LH, Darwanti Impiani.
Verifikasi lapangan Calon Sekolah Adiwiyata Kabupaten akan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober s/d 5 November 2020. Adapun sekolah yang akan dinilai terdiri dari 5 Sekolah Dasar (SD) dan 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP).

SD yang dinilai yaitu SDN Krejengan, SDN Patemon, SDN Kedung Caluk 1, SDN Tongas Wetan 2 dan SDN Sokaan 2. Untuk tingkat SMP yang dinilai yaitu SMPN 1 Tegalsiwalan dan SMPN 1 Tiris.

Tim Penilai Adiwiyata Kabupaten Probolinggo yang akan melakukan verifikasi yaitu dari DLH Kabupaten Probolinggo, Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, SMAN 1 Dringu/Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten/Kota Probolinggo dan dari CSR PT. YTL – Jawa Power.

Pelaksanaan verifikasi lapangan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19, yaitu dengan memakai masker, menjaga jarak, dan maksimal dihadiri oleh 6 orang dari pihak sekolah (kepala sekolah dan guru penanggung jawab Adiwiyata). Pada saat verifikasi tidak perlu melakukan acara penyambutan atau seremonial bagi tim penilai.

Untuk berkas yang perlu disiapkan saat verifikasi, yaitu dokumen Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) meliputi Perencanaan dan Pelaksanaan Gerakan PBLHS sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 tentang Penghargaan Adiwiyata pada Lampiran I Bab II.

#AdiwiyataKabupaten