Dalam rangka memperingati Hari Sejuta Pohon Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo mengadakan penanaman bibit tanaman buah langka di Taman Sumberlele (SL Park) pada Jum’at (10/01/20).

Bibit yang ditanam terdiri dari 7 jenis tanaman yaitu Cempedak, Namnam, Kawista, Juwet, Genitu, Delima merah, dan Delima putih.

SL Park merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berlokasi di Desa Sumberlele Kecamatan Kraksaan dengan luas taman sekitar 5.300 m2 (SL Park utara) dan 6.500 m2 (SL Park Selatan).

Taman ini dilengkapi dengan panggung terbuka, gazebo, fasilitas rekreasi dan olah raga (lapangan basket dan arena papan seluncur), taman bermain anak, taman bunga, dan taman khusus untuk lansia. Semua fasilitas tersebut terbuka untuk umum.

Dalam Petunjuk Teknis Penanaman Spesies Pohon Penyerap Polutan Udara yang diterbitkan oleh KLHK (2015), dijelaskan manfaat RTH berdasarkan fungsinya yaitu:

a. Manfaat langsung (dalam pengertian cepat dan bersifat tangible), yaitu membentuk keindahan dan kenyamanan (teduh, segar, sejuk) dan mendapatkan manfaat dari bagian tanaman (kayu, daun, bunga, buah);

b. Manfaat tidak langsung (berjangka panjang dan bersifat intangible), yaitu pembersih udara yang sangat efektif, pemeliharaan akan kelangsungan persediaan air tanah, pelestarian fungsi lingkungan beserta segala isi flora dan fauna yang ada (konservasi hayati atau keanekaragaman hayati).

Dengan menanam tanaman buah-buahan, diharapkan nantinya akan memperoleh manfaat, baik manfaat langsung maupun tidak langsung.