Batu, 2019. Puncak Peringatan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) Tahun 2019 dilaksanakan di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu pada Kamis (05/12/19). Desa ini dipilih sebagai lokasi puncak peringatan karena memiliki kisah sukses dalam upaya pelestarian Sumber Daya Alam (SDA).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar menghadiri acara serta memberikan sambutan dalam acara ini. Mengambil tema “Pulihkan Lahan Membangun Masa Depan”, GNPDAS diharapkan dapat menjadi inspirasi masyarakat untuk melakukan pemulihan hutan dan lahan.

Dalam sambutannya, Siti Nurbaya juga memberikan pujian terhadap program Kota Batu yaitu Saber Pungli (Sapu Bersih Nyemplung Kali) yang bergerak menyelamatkan hulu DAS Brantas.

Puncak acara GNPDAS Tahun 2019 ini dihadiri pula oleh Gubernur Jawa Timur, Pemerintah Daerah, petani Kebun Bibit Rakyat, petani Hutan Rakyat, Kelompok Tani Hutan, penyuluh, Forum Daerah Aliran Sungai (DAS), mahasiswa, pelajar, dan anggota Pramuka.

Mewakili Bupati Probolinggo, hadir dalam acara ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo, Ahmad Hasyim Ashari.

Peringatan GNPDAS Tahun 2019 ini berlangsung sejak tanggal 4 s/d 5 Desember 2019. Pada hari pertama rangkaian acara GNPDAS diisi dengan kegiatan antara lain lomba lukis dan mewarnai yang diikuti oleh siswa Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar. Kemudian diselenggarakan juga pameran, sarasehan, lomba asah terampil antar Kelompok Tani Hutan, serta beragam kesenian rakyat.

GNPDAS merupakan sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Kementerian LHK dan masyarakat, yang pertama kali dicanangkan pada tahun 2018. Gerakan ini merupakan pengembangan atas agenda tahunan penanaman pohon pada kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dengan perspektif yang lebih luas, yaitu pemulihan lahan kritis di hulu DAS.

Terkait dengan kegiatan HMPI, DLH Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan di Kabupaten Probolinggo, telah melakukan penanaman pohon serentak di Desa Gading Wetan Kecamatan Gading pada Kamis (28/11/2019).

Kegiatan penanaman pohon ini juga akan dilakukan di Desa Watupanjang dan Guyangan Kecamatan Krucil, Desa Pegalangan Kidul Kecamatan Maron, Desa Krejengan Kecamatan Krejengan dan Desa Gading Wetan Kecamatan Gading. Jumlah tanaman yang akan didistribusikan sebanyak 3000 bibit, terdiri dari tanaman buah dan tanaman keras.