Masih dalam rangkaian peringatan Hari Mangrove Sedunia, Dinas lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo memberikan bantuan 4000 bibit mangrove kepada Kelompok Masyarakat (Pokmas) Perahu Layar di Pantai Bahak Desa Curahdringu Kecamatan Tongas, pada Kamis (05/08/21).

Bibit mangrove diserahkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Drs. Dwijoko Nurjayadi, MM kepada Ketua Pokmas Perahu Layar sekaligus pengelola Pantai Bahak, Samsuri. Bibit mangrove ini nantinya akan ditanam di sepanjang Pantai Bahak.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Kecamatan Tongas, Desa Curahdringu Kecamatan Tongas, serta anggota Pokmas Perahu Layar.

Dalam sambutannya, Kepala DLH menyampaikan harapannya agar penanaman bibit mangrove akan memberikan manfaat di masa mendatang, baik untuk konservasi lingkungan hidup maupun pengembangan ekowisata.

Pemilihan Pantai Bahak sebagai lokasi penanaman mangrove adalah sebagai apresiasi atas upaya rehabilitasi mangrove dan sempadan pantai yang dipelopori oleh Samsuri, yang saat ini menjadi Ketua Pokmas Tani Perahu Layar. Pokmas ini aktif melakukan penanaman dan pemeliharaan mangrove di sepanjang Pantai Bahak.

Peringatan hari mangrove di Pantai Bahak ini sekaligus sebagai kampanye peduli mangrove untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam melindungi ekosistem pantai.

Peranan mangrove yang besar bagi lingkungan sekitarnya akan dirasakan setelah berbagai dampak merugikan terjadi akibat hilangnya mangrove.

Mangrove memiliki berbagai macam manfaat bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitarnya, yaitu sebagai sumber pangan, penyerap dan penyimpan karbon, sarana pendidikan dan penelitian, serta ekowisata.

Masyarakat diharapkan tidak melakukan penebangan mangrove secara liar ataupun eksploitasi berlebihan yang dapat menyebabkan kerusakan kawasan mangrove. Mari kita lindungi mangrove, demi kelestarian ekosistem pantai dan lautan.

#HariMangroveSedunia
#MangroveDay