Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) merupakan upaya dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) terutama untuk mengembangkan kemampuan intelektual dan kepribadian. Berdasarkan tujuan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo melalui anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun Anggaran 2019 kembali mengirimkan peserta untuk mengikuti diklat teknis lingkungan.

Pelatihan yang diikuti yaitu pelatihan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Tata Ruang yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tanggal 19-23 Agustus 2019. Peserta yang dikirim untuk mengikuti pelatihan adalah Kepala Seksi Kajian dan Informasi Lingkungan Hidup, Rusmalina.

 KLHS merupakan kajian yang wajib dilaksanakan pada saat penyusunan atau evaluasi: Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan rencana rincinya, Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), serta pada Kebijakan, Rencana dan/atau Program yang berpotensi menimbulkan dampak dan/atau risiko Lingkungan Hidup.

Pada tahun ini Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Probolinggo akan dilakukan peninjauan kembali sehingga KLHS RTRW yang telah disusun pada tahun 2014 juga perlu ditinjau kembali bersamaan dengan perubahan dokumen RTRW.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo mempunyai tugas pemantauan dan evaluasi dalam pembuatan dan pelaksanaan KLHS tingkat kabupaten, sehingga sangat penting untuk dapat memahami tahapan penyelenggaraan KLHS, mulai dari pembuatan dan pelaksanaan KLHS, penjaminan kualitas dan pendokumentasian KLHS, serta validasi KLHS. (P2KLH)