Dringu 2018. Untuk mendorong dan memotivasi aparat Kecamatan di Kabupaten Probolinggo mewujudkan Kantor yang memiliki lingkungan bersih, teduh dan indah, Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui DLH menggelar Lomba Lingkungan Bersih Teduh dan Indah (LIBERTI). Lomba LIBERTI ini telah dilaksanakan secara rutin setiap tahun dan pada tahun 2018 ini penilaian dilangsungkan dari tanggal 16 April sampai dengan 25 April 2018 pada 24 Kecamatan se Kabupaten Probolinggo.

Tim Juri terdiri dari berbagai unsur, antara lain Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Kesehatan dan Tim Penggerak PKK Kabupaten.

Unsur yang dinilai meliputi :

Komponen lingkungan luar bangunan kantor Kecamatan, antara lain : kebersihan lingkungan, pengelolaan sampah, ruang terbuka hijau, drainase, konservasi air, dan pemanfaatan pekarangan (tanaman toga/sayuran).

Komponen dalam kantor Kecamatan, meliputi : kebersihan kantor, penataan ruangan, fasilitas sanitasi (kondisi kamar mandi/WC, ketersediaan air bersih dan saluran pembuangan air limbah).

Komponen rumah dinas, meliputi : kebersihan dan keindahan rumah dinas Camat, penataan ruangan, fasilitas sanitasi (kondisi kamar mandi/WC, ketersediaan air bersih, dan saluran pembuangan air limbah).

Komponen kelembagaan dan partisipasi, meliputi : peran Camat dalam kebijakan tekait lingkungan hidup, pembinaan pengelolaan lingkungan hidup bagi aparat, anggaran pendukung untuk lingkungan hidup, program lingkungan yang melibatkan masyarakat. Peran Karyawan Kecamatan dalam mengikuti siminar/ workshop/ pembinaan lingkungan hidup dan kegiatan lingkungan hidup diluar kantor (penghijauan, kerja bakti dan lain-lain). Peran PKK Kecamatan dalam mendukung partisipasi karyawan dalam mendukung kegiatan pengelolaan lingkungan, mengikuti seminar/workshop/pembinaan lingkungan hidup dan kegiatan pemanfaatan sampah.

Skor penilaian masing-masing komponen akan di kuantifikasi dan kualifikasikan dalam 3 klasifikasi, yaitu point 71 – 90 (baik), 51 – 70 (sedang), 30 – 50 (kurang). Selanjutnya akan ditetapkan 5 peraih nilai tertinggi sebagai pemenang lomba, Juara I, II dan III, serta harapan I dan II. Masing-masing juara akan diberikan hadiah berupa uang pembinaan, tropy dan piagam penghargaan.

Berdasarkan hasil penilaian pada masing-masing Kecamatan tersebut, Tim Juri Lomba dalam waktu dekat akan segera merapatkannya  dan  menetapka pemenang juaranya. (Bid. Penataan 17/5/18)