Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo melalui Bidang Pengendalian dan Penaatan Lingkungan Hidup melakukan survey lokasi untuk penentuan titik sampling udara ambien di beberapa ruas jalan pada Kecamatan Tongas, Lumbang dan Sukapura. Survey lokasi ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 10 dan 12 Agustus 2021.

Kegiatan ini dianggarkan dari Dana PRIM (Provincial Road Improvement and Maintenance) yaitu pemberian/penerusan hibah dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah dalam rangka pemeliharaan infrastruktur jalan daerah. Pemerintah meluncurkan program hibah PRIM untuk membantu meningkatkan tata kelola dan kualitas pemeliharaan jaringan jalan daerah yang menjadi kewenangan Pemerintah daerah, terutama jalan menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Kabupaten Probolinggo memperoleh dana hibah PRIM untuk mendukung KSPN Bromo Tengger Semeru (BTS) berupa akses jalan menuju BTS yaitu 7 (tujuh) ruas jalan kabupaten mulai Kecamatan Tongas, Lumbang sampai Sukapura.

PRIM didanai melalui bantuan Pemerintah Australia khusus untuk Kabupaten Probolinggo. Pemerintah Australia memberikan pendanaan melalui Kemitraan Indonesia-Australia untuk Infrastruktur (KIAT) atau Program Hibah Australian-Indonesia Infrastructure Grants (AIIG). Penganggaran tersebut didasarkan pada Manual Manajemen Program (Program Management manual/PMM) Amandemen 9 Tahun 2020.

Pada tahun 2021, DLH Kabupaten Probolinggo mendapatkan Dana PRIM yang digunakan untuk melakukan pemantauan mutu udara ambien pada 7 ruas jalan hibah PRIM serta pengawasan langsung berupa monitoring dan evaluasi ke lokasi ruas jalan.