Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali memberikan penghargaan kepada pelaksana Program Kampung Iklim (ProKlim) pada acara puncak Festival Iklim Tahun 2020, yang dipusatkan di Gedung Manggala Wanabakti, Jumat (23/10/20).

Tahun ini Trophy Proklim Lestari diberikan kepada 6 Kampung Iklim, Trophy Proklim Utama kepada 24 Kampung Iklim dan Sertifikat Proklim Utama diserahkan kepada 309 Kampung Iklim.

Kampung Iklim di Kabupaten Probolinggo yang meraih penghargaan Trophy ProKlim Utama Tahun 2020 yaitu Desa Bermi Kecamatan Krucil. Penghargaan tersebut diserahkan secara virtual oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar kepada Kepala Desa Bermi.

Untuk penerima Sertifikat ProKlim Utama Tahun 2020 di Kabupaten Probolinggo sebanyak 6 desa yaitu Desa Pegalangan Kidul Kecamatan Maron, Desa Sebaung Kecamatan Gending, Desa Watupanjang Kecamatan Krucil, Desa Krejengan Kecamatan Krejengan, Desa Gading Wetan Kecamatan Gading, dan Desa Asembagus Kecamatan Kraksaan.

Program Kampung Iklim adalah program yang dikembangkan oleh KLHK. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Kategori ProKlim terdiri dari ProKlim Pratama, ProKlim Madya, Nominasi ProKlim Utama, dan Nominasi ProKlim Lestari. Kategori ProKlim ditetapkan berdasarkan nilai akhir ProKlim, yang merupakan hasil perhitungan nilai komponen kegiatan adaptasi, mitigasi dan dukungan keberlanjutan.

Bentuk apresiasi ProKlim yaitu piagam partisipasi yang diberikan kepada lokasi yang tercatat dalam Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN PPI) dan memenuhi kriteria sebagai ProKlim Pratama dan Madya.

Sertifikat ProKlim diberikan kepada lokasi yang memenuhi kriteria ProKlim Utama dan ProKlim Lestari, sedangkan Trophy ProKlim diberikan kepada penerima penghargaan ProKlim Utama dan Lestari.