SURABAYA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur mengadakan rapat koordinasi identifikasi kebutuhan infrastruktur peralatan persampahan dan persiapan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020 pada Senin siang (23/12/19) di Kantor DLH Provinsi Jatim.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pencapaian target pengelolaan sampah melalui 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yang ditetapkan dalam Peraturan Gubernur Jatim Nomor 106 Tahun 2018 tentang Kebijakan dan Strategi Provinsi Jawa Timur dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Acara ini dibuka oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) DLH Provinsi Jatim (Ratih Murwani) dan dihadiri oleh 96 orang perwakilan dari DLH Kabupaten/Kota di Jatim dan Desa/Kelurahan Bersih dan Lestari (Berseri) di masing-masing Kabupaten/Kota.

Mewakili Kepala DLH Kabupaten Probolinggo, hadir Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Zaenal Ansori didampingi oleh Kepala Seksi Pengurangan dan Pemanfaatan Sampah, Subiono.

Dalam acara ini, dilaksanakan pula penyerahan penghargaan untuk penyelenggara bank sampah Desa/Kelurahan Berseri Terbaik Provinsi Jatim Tahun 2019. Penghargaan berupa bank sampah toolkit (troly dan timbangan) untuk Kategori Pratama dan Madya serta kendaraan bermotor roda 3 untuk Kategori Mandiri.

Peserta dari Desa/Kelurahan Berseri Kabupaten Probolinggo yang hadir untuk menerima penghargaan yaitu Kader Bank Sampah Desa Bago Kecamatan Besuk (Moh. Saiful Haq) dan Kepala Desa Sukomulyo Kecamatan Pajarakan (Yuliyati) untuk Desa/Kelurahan Berseri Kategori Pratama.

Sedangkan untuk Desa/Kelurahan Berseri Kategori Madya dihadiri oleh Kepala Desa Bhinor Kecamatan Paiton (Hostifawati) dan dari Desa Krejengan Kecamatan Krejengan (Zainul Haq).

Penerima penghargaan penyelenggara bank sampah Desa/Kelurahan Berseri Terbaik Provinsi Jatim Tahun 2019 akan diundang untuk berpartisipasi dalam peringatan HPSN Tahun 2020 yang direncanakan pada Bulan Februari 2020 untuk menerima penghargaan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Timur.

#DesaKelurahanBerseri
#BankSampah