Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jatim menyerahkan Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi Tahun 2020 kepada 110 sekolah di Jawa Timur, yang terdiri dari 47 SD/MI, 54 SMP/MTs, 7 SMA/MA dan 2 SMK.

Penghargaan Adiwiyata merupakan bentuk apresiasi terhadap sekolah yang telah berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS).

Mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19, maka penyerahan penghargaan yang biasanya diberikan secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur kepada Kepala Sekolah penerima penghargaan, kini diwakilkan kepada DLH Kabupaten/Kota.

Penyerahan penghargaan berupa piagam yang ditandatangani oleh Gubernur Jawa Timur, dilaksanakan secara bertahap mulai tanggal 10 s/d18 Desember 2020.

Sekolah Adiwiyata Provinsi 2020 ditetapkan dengan Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor: 188/610/KPTS/013/2020 tanggal 7 Desember 2020 tentang Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur Tahun 2020.

Di Kabupaten Probolinggo terdapat tiga sekolah yang meraih penghargaan Adiwiyata Provinsi Tahun 2020, yaitu MIN 2 Probolinggo, SMPN 1 Kotaanyar dan SMPN 3 Maron. Penyerahan penghargaan dilaksanakan di DLH Provinsi Jatim pada Jum’at (18/12/20).

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Provinsi Jawa Timur, Dyah Larasayu kepada Kepala Seksi Kemitraan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Probolinggo, Darwanti Impiani.

Sekolah Adiwiyata Provinsi dapat diusulkan menjadi Calon Sekolah Adiwiyata Nasional paling sedikit 12 bulan setelah menerima penghargaan Adiwiyata Provinsi. Penetapan sebagai Sekolah Adiwiyata berlaku untuk jangka waktu 4 tahun dan dapat diperpanjang berdasarkan usulan dan hasil evaluasi.

#AdiwiyataProvinsi2020