Kodim 0820 Probolinggo bersama Forkopimda dan komponen masyarakat melakukan penanaman 2.000 batang rumput vetiver di lahan Perhutani Desa Bermi Kecamatan Krucil pada Senin pagi (24/2/2020).

Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo, Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan, perwakilan Kejaksanaan Negeri Kabupaten Probolinggo, Pengadilan Negeri Kraksaan, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dan Perum Perhutani KPH Probolinggo.

Kegiatan penanaman ini diikuti oleh sekitar 500 peserta, terdiri dari anggota TNI/Polri, PMI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Taruna Siaga Bencana (Tagana), tokoh agama, tokoh masyarakat, Pramuka serta pelajar Kecamatan Krucil.

Hadir pula dalam acara ini Kepala DLH Kabupaten Probolinggo, Ahmad Hasyim Ashari didampingi Kepala Bidang Pemeliharaan Lingkungan Hidup, Diah Sri Wahyu Puji Astuti beserta Kepala Seksi Penanggulangan dan Pemulihan Kerusakan Lingkungan Hidup, Ani Ardi Nariswari.

Rumput vetiver atau akar wangi pertama kali dikembangkan oleh Bank Dunia untuk konservasi tanah dan air di India pada pertengahan tahun 1980. Di Indonesia rumput ini baru dimanfaatkan sebagai penghasil minyak atsiri melalui ekstraksi akar wangi.

Namun di manca negara, vetiver banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan ekologis dan fitoremediasi (memperbaiki lingkungan dengan menggunakan tanaman) untuk lahan dan air, seperti rehabilitasi lahan bekas pertambangan, pencegah erosi lereng, konservasi air dan stabilisasi tebing melalui teknologi yang disebut Vetiver Grass Technology (VGT) atau Vetiver System (VS).

Akar rumput vetiver berbentuk serabut dan jauh masuk ke tanah. Setelah tumbuh, akarnya dapat mencapai kedalaman hingga 5,2 meter. Penanaman rumput vetiver akan menjadi solusi yang cukup membantu dalam mengatasi masalah banjir dan tanah longsor.

Kementerian Pekerjaan Umum telah menerbitkan pedoman penanaman rumput vetiver untuk pengendalian erosi permukaan dan pencegahan longsoran dangkal pada lereng jalan yang dapat digunakan sebagai acuan dalam penanaman dan pemeliharaan rumput vetiver.