Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo melaksanakan penilaian Lomba Desa/Kelurahan Berseri (Bersih dan Lestari) pada 9 s/d 17 November 2020. Lomba ini diikuti oleh 13 Desa/Kelurahan di Kabupaten Probolinggo.

Desa yang yang dinilai untuk wilayah barat, yaitu Desa Kedungrejo Kecamatan Bantaran, Desa Leces Kecamatan Leces, Desa Lumbang Kecamatan Lumbang dan Desa Ngepung Kecamatan Sukapura.

Untuk wilayah timur, desa/kelurahan yang dinilai yaitu Desa Sebaung Kecamatan Gending, Desa Pegalangan Kidul Kecamatan Maron, Desa Kertonegoro Kecamatan Pakuniran, Desa Krampilan Kecamatan Besuk, Desa Selogudig Wetan Kecamatan Pajarakan, Desa Tegalwatu Kecamatan Tiris, Desa Gading Wetan Kecamatan Gading, Desa Pendil Kecamatan Banyuanyar dan Kelurahan Patokan Kecamatan Kraksaan.

Setelah dilakukan penilaian, diadakan rapat juri untuk penetapan pemenang Lomba Desa/Kelurahan Berseri pada Senin (23/11/20). Rapat juri yang berlangsung di Ruang Pertemuan DLH Kabupaten Probolinggo ini, dipimpin oleh Sekretaris DLH, Asep Chairul Saleh dan didampingi oleh Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas LH, Mohammad Said.

Penetapan pemenang dilakukan oleh tim juri yang berasal dari DLH Kabupaten Probolinggo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo, Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo serta CSR PT. POMI – Paiton Energy.

Berdasarkan hasil pembahasan oleh tim, dari 13 Desa/Kelurahan yang dinilai, ditetapkan tiga Pemenang Lomba Desa/Kelurahan Berseri Kabupaten Probolinggo Tahun 2020 sebagai berikut:
1. Desa Pegalangan Kidul Kecamatan Maron (Juara I)
2. Desa Sebaung Kecamatan Gending (Juara II)
3. Desa Kertonegoro Kecamatan Pakuniran (Juara III)

Pemenang lomba desa/kelurahan Berseri akan mendapatkan hadiah berupa piagam penghargaan, trophy dan uang pembinaan untuk 3 (tiga) pemenang lomba yaitu juara 1, 2, dan 3. Selanjutnya pemenang lomba desa/kelurahan Berseri tingkat kabupaten akan diusulkan untuk mengikuti Program Desa/Kelurahan Berseri tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2021.