Pemeliharaan taman, hutan kota dan jalur hijau jalan merupakan salah satu kegiatan rutin Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo.

Pemeliharaan taman dilakukan dengan menjaga kebersihan taman, pemupukan, penyiraman, penyiangan rumput dan tanaman liar, serta pemangkasan tanaman.

Taman, hutan kota, jalur hijau jalan dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) fungsi tertentu merupakan RTH publik yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah daerah dan digunakan untuk kepentingan masyarakat.
RTH fungsi tertentu meliputi jalur hijau pada sempadan sungai, pantai, rel kereta api, sumber mata air dan pemakaman.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 05/PRT/M/2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan RTH di Kawasan Perkotaan, dijelaskan bahwa dari segi kepemilikan, RTH dibedakan ke dalam RTH publik dan RTH privat.

RTH privat adalah RTH milik institusi tertentu atau perseorangan yang pemanfaatannya untuk kalangan terbatas antara lain berupa kebun atau halaman rumah/gedung milik masyarakat/swasta yang ditanami tumbuhan.

Manfaat RTH berdasarkan fungsinya, yaitu:
1. Manfaat langsung, yaitu membentuk keindahan dan kenyamanan (teduh, segar, sejuk) dan mendapatkan bahan-bahan untuk dimanfaatkan (kayu, daun, bunga, buah).

2. Manfaat tidak langsung (berjangka panjang), yaitu pembersih udara yang sangat efektif, pemeliharaan akan kelangsungan persediaan air tanah, pelestarian fungsi lingkungan beserta segala isi flora dan fauna yang ada (konservasi hayati atau keanekaragaman hayati).