Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan DLH Kabupaten Probolinggo menggelar pembinaan Saka Kalpataru di Kabupaten Probolinggo pada Senin (07/06/21).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas anggota Satuan Karya Pramuka (Saka) Kalpataru, khususnya yang berkaitan dengan upaya perlindungan dan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Pembinaan dilaksanakan di ruang pertemuan Bentar Kabupaten Probolinggo, diikuti oleh 18 anggota Saka Kalpataru dari Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Malang dan Kabupaten Sidoarjo.

Acara ini dibuka oleh Kepala DLH Kabupaten Probolinggo, Dwijoko Nurjayadi dan dihadiri oleh Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Provinsi Jawa Timur, Dyah Larasayu serta Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo, Sujono.

Peserta mendapatkan materi mengenai Profil Saka Kalpataru Kabupaten Probolinggo, yang disampaikan oleh Andalan Kwarcab Saka Kalpataru, Yusdi Vari Afandi dan materi Budidaya Maggot oleh Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Berkah Siongan, Wahyudiono.

Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan Praktek Budidaya Maggot, pembuatan Lubang Resapan Biopori (LRB) dan pengomposan dengan media tong komposter di Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih.

Peserta tampak sangat antusias mempelajari Budidaya Maggot. Maggot atau belatung adalah larva dari lalat Black Soldier Fly (BSF), yaitu sejenis lalat berwarna hitam yang sangat aktif memakan sampah organik.

Pengolahan sampah dengan maggot dapat mereduksi sampah, menghasilkan kompos, dan menjadi sumber protein yang baik untuk pakan ayam dan ikan.

Dengan penyelenggaraan acara ini, hasil akhir yang diharapkan yaitu mendorong terbentuknya Saka Kalpataru yang aktif di tiap Kabupaten/Kota di Jawa Timur, serta meningkatkan wawasan, pengetahuan dan peran serta Saka Kalpataru dalam upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup.

#AksiSakaKalpataruJatim