Dalam rangka penguatan pelaksanaan Program Kampung Iklim (Proklim) di daerah dan sebagai persiapan pengusulan nominasi ProKlim Lestari, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur mengadakan pembinaan ProKlim di Pantai Bohay Kecamatan Paiton pada Selasa (19/10/2021).

Peserta pembinaan sebanyak 20 orang berasal dari Desa yang akan diusulkan mengikuti nominasi ProKlim Lestari, yaitu Desa Bhinor beserta perwakilan sepuluh desa binaannya. Sepuluh lokasi binaan Desa Bhinor di Kecamatan Paiton yakni Desa Paiton, Karanganyar, Pandean, Petunjungan, Plampang, Pondokkelor, Sukodadi, Sumberanyar, Sumberrejo, dan Desa Taman.

Dari DLH Kabupaten Probolinggo hadir dalam acara ini Kepala Bidang Pemeliharaan Lingkungan Hidup, Ari Suciati didampingi oleh Kepala Seksi Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim, Sutopo. Sedangkan dari DLH Provinsi Jatim dihadiri oleh pejabat/staf bidang Tata Lingkungan, Sulistyowati dan Pilut Sasongko.

Kategori ProKlim terdiri dari ProKlim Pratama, ProKlim Madya, Nominasi ProKlim Utama, dan Nominasi ProKlim Lestari. Nominasi ProKlim Lestari merupakan penghargaan tertinggi dalam tingkatan ProKlim.
Desa Bhinor Kecamatan Paiton meraih penghargaan ProKlim Madya pada tahun 2017, kemudian meraih Trophy ProKlim Utama pada tahun 2019. Awal tahun 2022 Desa Bhinor akan diusulkan untuk Nominasi ProKlim Lestari.

Nominasi ProKlim Lestari diberikan kepada pelaksana ProKlim yang secara berkesinambungan telah melakukan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, penguatan kelembagaan masyarakat serta melakukan pembinaan minimal ke-10 (sepuluh) lokasi lain yang selanjutnya didaftarkan sebagai Kampung Iklim.

Pembinaan ProKlim dilakukan untuk mengevaluasi progres capaian keberhasilan Proklim di masing-masing desa dan penguatan kelembagaan proklim di desa binaan. Selain itu juga untuk mengidentifikasi permasalahan terkait kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim agar dapat diupayakan alternatif solusinya.

Sebagai salah satu upaya peningkatan ketahanan pangan yang merupakan bentuk adaptasi perubahan iklim, peserta pembinaan juga mendapatkan tambahan materi mengenai budidaya anggur dan perawatannya.
Materi ini disampaikan oleh narasumber dari Universitas Airlangga Surabaya. Pada akhir acara, dilakukan penyerahan bantuan bibit anggur percontohan untuk Desa Proklim.

#ProKlim
#ProklimLestari