Dalam rangka persiapan pengusulan Program Kampung Iklim (ProKlim), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo mengadakan pembinaan ke 10 Desa di Kecamatan Paiton.

Sepuluh desa ini merupakan binaan Desa Bhinor Kecamatan Paiton yang juga diusulkan untuk Nominasi ProKlim Lestari. Pembinaan yang dilaksanakan oleh Bidang Pemeliharaan LH ini dilakukan bertahap mulai tanggal 27 Oktober s/d 25 November 2021.

Pembinaan telah dilakukan di 6 Desa yaitu Desa Sumberrejo, Sumberanyar, Taman, Plampang, Karanganyar, dan Pandean. Untuk pembinaan di 4 desa yang lain, yakni Desa Sukodadi, Petunjungan, Pondokkelor, dan Paiton akan dilaksanakan pada minggu ketiga dan keempat bulan November 2021.

Pembinaan ProKlim dilakukan sebagai upaya peningkatan kapasitas untuk mendukung pembentukan dan pelaksanaan ProKlim dan untuk mengidentifikasi permasalahan terkait kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. Pada acara pembinaan ini juga dilakukan penyerahan bantuan alat biopori untuk desa binaan.

Peserta yang hadir untuk masing-masing desa sebanyak 5 orang pelaksana ProKlim, yang terdiri dari operator dan kelompok masyarakat. Operator ProKlim bertugas untuk mengisi lembar pengusulan yang berisi data umum dan data teknis yang terintegrasi dalam Sistem Registri Nasional (SRN) Pengendalian Perubahan lklim (PPI). SRN PPI adalah sistem pencatatan data dan penyediaan informasi pengendalian perubahan iklim di Indonesia.

Persyaratan umum yang harus dipenuhi suatu lokasi untuk dapat diusulkan menjadi lokasi Kampung lklim adalah: (1) aksi lokal adaptasi dan mitigasi perubahan iklim telah dilaksanakan minimal 2 tahun secara berkelanjutan. (2) Kelompok masyarakat sebagai penggerak kegiatan telah terbentuk dan memiliki aspek pendukung untuk menjamin keberlanjutan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di tingkat lokal.

Sekretariat ProKlim selanjutnya melakukan validasi dan verifikasi data kegiatan ProKlim yang didaftarkan di SRN PPI. Data akhir berupa tampilan kategori ProKlim yang menjadi dasar pelaksanaan verifikasi lapangan.

#ProKlim
#ProklimLestari