Kraksaan 2018. Untuk memberikan pemahaman pada pelaku usaha fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) tentang pengelolaaan limbah medis, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo pada hari Rabu tanggal 14 Maret 2018 melaksanakan sosialisasi dan Pembinaan kepada para penanggung jawab atau pengelola fasilitas pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, Balai pengobatan serta Laboratorium kesehatan yang ada di kabupaten Probolinggo.

Penyelenggaraan sosialisasi sengaja ditempatkan di Kraksaan yaitu ruang pertemuan Paseban Sena hotel “Pesanggrahan Semampir” dengan harapan dapat mudah dijangkau atau dihadiri baik pengelola fasyankes yang berada di wilayah paling barat maupun paling timur. Tampak hadir peserta sekitar 60 orang yang secara seksama dan antusias mengikuti materi dari pagi sampai dengan sore hari.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pobolinggo Ir. Rachmad Waluyo, M.Si melalui Kabid Pengendalian dan Penaatan Lingkungan Ir. Hendri Prianto, MM dalam sambutannya menyampaikan agar limbah B3 medis khususnya infeksius supaya betul-betul dikelola dengan benar mengacu pada ketentuan Perturan Pemerintah RI Nomor 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah B3, dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor : P.56/Menlhk-Setjen/2015 Tentang Tata Cara dan Persyaratan Teknis Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Pelanggaran terhadap pengelolaan limbah B3 akan berimplikasi hukum berupa ancaman pidana.

Adapun pemateri pada sosialisasi ini selain narasumber dari DLH sendiri, juga menghadirkan para narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, dan Rs Wonolangan. Materi tersebut antara lain : Kebijakan, Peraturan dan perundangan dalam  Pengelolaan Limbah B3, Kebijakan Pengelolaan Limbah B3 Kegiatan Fasyankes, Pengelolaan limbah medis di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Puskesmas) di Kabupaten Probolinggo, Proses Pengurusan ijin operasional incinerator.

Dengan meningkatnya pemahaman para pengelola fasyankes tentang limbah B3 Medis, kewajiban dan cara pengelolaannya yang baik dan benar, maka nantinya upaya pengendalian dampak lingkungan khususnya dari limbah B3 medis dapat mendukung dan menjamin  terlaksanaan pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan di Kabupaten Probolinggo. (Bid.P2 16/03/18)