Pakuniran, 2019. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran warga pesantren dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo melaksanakan pembinaan eco-pesantren yang bertempat di Pondok Pesantren Bisril Arifin Kecamatan Pakuniran. Pembinaan ini dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2019 dengan menghadirkan 25 orang peserta yang terdiri dari santri dan pengurus Pondok Pesantren Bisril Arifin.

Eco-pesantren adalah program dari Kementerian Lingkungan Hidup yang dicanangkan sejak tahun 2008. Program ini bertujuan untuk mendorong peningkatan pengetahuan, kepedulian, kesadaran dan peran serta aktif warga pondok pesantren terhadap upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup berdasarkan ajaran agama Islam. Banyaknya permasalahan lingkungan yang terjadi di pondok pesantren, antara lain: sanitasi yang kurang baik, termasuk permasalahan sampah yang tidak dikelola, menjadi ancaman serius untuk lingkungan sehingga mendorong diadakannya  program Eco-pesantren.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo telah melaksanakan pembinaan dan lomba eco-pesantren sejak tahun 2014 dan Bisril Arifin adalah salah satu pondok pesantren yang pernah meraih peringkat pertama dalam lomba eco-pesantren tingkat Kabupaten Probolinggo.

Acara Pembinaan eco-pesantren ini dibuka oleh Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas, Drs. Anang Budiarto, M.Si, dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh 2 orang narasumber. Narasumber yang pertama yaitu Nina Ari Wahyuni dari PT. POMI – Paiton Energy yang menyampaikan materi tentang “Pengenalan dan Praktek Pembuatan Ecobricks”, selanjutnya Darwanti Impiani, S.Hut selaku Kepala Seksi Kemitraan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Probolinggo menyampaikan materi tentang “Pembuatan Kompos dengan Sampah Organik”.

Dengan adanya program eco-pesantren ini diharapkan adanya peningkatan kesadaran dan kepedulian warga pondok pesantren dalam pengelolaan lingkungan hidup dan dapat menjadikan pondok pesantren sebagai pusat pembelajaran yang berwawasan lingkungan bagi komunitas pesantren dan masyarakat sekitar pondok pesantren. (Bid P2KLH 09/05/19).