Dalam rangka pemantauan kualitas udara ambien di Kabupaten Probolinggo, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo melakukan pengambilan sampel udara ambien tahap kedua yang dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 24 Agustus 2020.

Kegiatan yang dianggarkan melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) ini dilakukan sebanyak 2 kali dalam setahun. Pemantauan tahap pertama telah dilaksanakan pada 24 Februari s/d 9 Maret 2020. Setiap kali pemantauan membutuhkan waktu 14 hari untuk pemaparan.

Pengambilan contoh uji udara ambien menggunakan metode Passive Sampler dilakukan pada 4 lokasi, yaitu di Perum Kebonagung Kraksaan mewakili komponen kawasan permukiman, halaman Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Dringu mewakili komponen kawasan perkantoran.

Untuk komponen kawasan industri, pemantauan dilakukan di halaman Paiton Resort Hotel, sedangkan untuk komponen kawasan transportasi, pemantauan dilakukan di halaman Kantor BNI KCP Kraksaan.

Passive sampler merupakan metode sederhana yang digunakan untuk mengukur kualitas udara ambien dengan hanya menggunakan parameter Nitrogen Dioksida (NO2) dan Sulfur Dioksida (SO2).

Metode ini dilakukan dengan cara memaparkan media (sampler) dengan udara luar dan dipasang pada suatu wadah yang diletakkan/digantung pada ketinggian tertentu.

Setelah 14 hari waktu pemaparan, media diambil dan dikirim ke laboratorium lingkungan untuk dilakukan analisis laboratorium lebih lanjut.

Parameter NO2 mewakili emisi dari kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar bensin. Parameter SO2 mewakili emisi dari industri dan kendaraan diesel yang menggunakan bahan bakar solar serta bahan bakar yang mengandung sulfur lainnya.

Hasil pemantauan kualitas udara ambien dengan metode tersebut digunakan untuk perhitungan Indeks Kualitas Udara (IKU) yang merupakan salah satu komponen perhitungan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH). IKLH adalah salah satu Indikator Kinerja Utama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo.

Berdasarkan hasil pemantauan kualitas udara ambien tahun 2019, IKU Kabupaten Probolinggo masuk dalam kategori sangat baik dengan nilai 84,90.