Dalam rangka pemantauan kualitas udara ambien di Kabupaten Probolinggo, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo melalui Bidang Pengendalian dan Penaatan Lingkungan Hidup melakukan pengambilan sampel udara ambien yang dilaksanakan pada tanggal 9 Juni s/d 23 Juni 2021.

Pemantauan kualitas udara ambien dengan metode passive sampler tahun ini, dilakukan sebanyak 2 kali dalam setahun dengan lokasi menyebar di wilayah barat dan timur. Total jumlah titik pengambilan contoh uji udara ambien sebanyak 8 titik.

Pada tahun sebelumnya, pemantauan hanya dilakukan di wilayah timur dengan lokasi pada 4 titik. Penambahan titik pengambilan contoh uji bertujuan untuk menambah varian data agar lebih mewakili kondisi kualitas udara di Kabupaten Probolinggo.

Pengambilan contoh uji udara ambien di wilayah timur terdiri dari 4 titik yang mewakili komponen kawasan industri, transportasi, permukiman dan perkantoran.

Lokasi pengambilan contoh uji di wilayah timur, yaitu di Perumahan Kebonagung Kraksaan (permukiman), halaman Kantor Bupati Kraksaan (perkantoran), halaman Paiton Resort Hotel Paiton (industri) dan halaman Kantor Cabang BNI Kraksaan (transportasi).

Untuk wilayah barat, pengambilan contoh uji akan dilakukan di Balai Desa Pabean-Dringu (permukiman), Halaman kantor Kecamatan Sukapura (perkantoran), Balai Desa Wringinanom-Tongas (industri) dan halaman Kantor Kecamatan Sumberasih (transportasi).

Passive sampler merupakan peralatan yang digunakan untuk pengambilan sampel udara ambien dengan sistem kerja yang sederhana dan tidak membutuhkan sumber energi listrik (bersifat pasif).

Metode ini dilakukan dengan cara memaparkan media (sampler) yang berisi kertas filter dengan udara luar dan dipasang pada suatu wadah yang diletakkan/gantung pada ketinggian tertentu.

Pemaparan media ini dilakukan selama 14 hari, kemudian media diambil dan dikirim ke laboratorium lingkungan untuk dilakukan analisis laboratorium lebih lanjut.

Hasil pemantauan kualitas udara ambien dengan metode tersebut digunakan untuk perhitungan Indeks Kualitas Udara (IKU) yang merupakan salah satu komponen perhitungan Indeks Kualitas Lingkungan hidup (IKLH).