Pohon mempunyai peran yang sangat penting bagi makhluk hidup. Beberapa tahun terakhir, pesatnya pembangunan menyebabkan banyak pohon ditebang. Hilangnya satu pohon telah memutus mata rantai kehidupan. Beberapa jenis hewan berkurang jumlahnya dan hampir punah karena habitat mereka rusak.

Penebangan pohon menyebabkan panas bumi meningkat, jumlah pasokan oksigen semakin berkurang dan tingkat polusi udara cenderung meningkat. Demikian pula jumlah pasokan air dalam tanah semakin berkurang sehingga mengakibatkan masyarakat kesulitan memperoleh air bersih.

Peranan pohon bagi kehidupan sangatlah vital, berikut adalah manfaat adanya pohon:
1. Manfaat langsung, yaitu memberikan keindahan dan kenyamanan (teduh, segar, sejuk) dan menghasilkan bahan-bahan berupa kayu, daun, bunga, dan buah.

2. Manfaat tidak langsung, sebagai pembersih udara yang sangat efektif, yaitu menjaga kelangsungan pemeliharaan fungsi lingkungan beserta flora dan fauna yang ada (konservasi keanekaragaman hayati)

Dalam Petunjuk Teknis Penanaman Spesies Pohon Penyerap Polutan Udara yang diterbitkan oleh KLHK (2015), disebutkan bahwa 1 hektar Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dipenuhi pohon besar, dapat menghasilkan 0,6 ton oksigen untuk 1.500 penduduk/hari dan menyerap 2,5 ton karbon dioksida/tahun.

Satu hektar RTH juga dapat menyimpan 900 m3 air tanah/ tahun, mentransfer air sebanyak 4.000 liter/hari, menurunkan suhu 5 – 8°C, meredam kebisingan 25-80 persen, dan mengurangi kekuatan angin sebesar 75-80 persen.

#AyoTanamPohon
#HariPohonSedunia
#WorldTreeDay