Dringu 2018. Pada pertengahan bulan April 2018 Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui Dinas Lingkungan Hidup kembali akan melaksanakan gelaran Lomba Lingkungan Bersih Teduh dan Indah (LIBERTI). Gelaran Lomba  Liberti yang diselenggaran secara rutin tiap tahun ini dimaksudkan untuk mendorong dan memotivasi aparat Kecamatan di Kabupaten Probolinggo mewujudkan Kantor yang memiliki lingkungan bersih, teduh dan indah,

Sebelum penilaian dan gelaran lomba dimulai, maka pada hari Rabu 14 Maret 2018 diselenggarakan technical meeting persiapan pelaksanaan Lomba Liberti tahun 2018 bertempat di ruang Pertemuan DLH Kantor Dringu. Technical meeting dipimpin langsung oleh Kepala DLH dan diikuti 48 peserta terdiri dari 24 Orang dari unsur Kecamatan dan 24 Orang lainnya dari unsur Tim Penggerak PKK Kecamatan.

Adapun salah satu tujuan penyelenggaraan lomba Liberti adalah untuk mendorong terwujudnya paradigma bersih dan sehat dalam kehidupan yang dimulai dari perorangan,  keluarga dan masyarakat melalui budaya dan prilaku hidup bersih dan sehat, Demikian diantaranya disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir. Rachmad Waluyo, M.Si dalam sambutan pembukaan technical meeting. Selanjutnya paparan evaluasi pelaksanaan lomba Liberti tahun sebelumnya dan variable-variable penilaian yang akan diperhatikan pada pelaksanaan lomba Liberti 2018 disampaikan oleh Kepala Seksi Kemitraan dan Peningkatan Kapasitas Lingkunga Hidup, Darwanti Impiani, S.Hut.

Penyelenggaraan lomba Liberti 2018 diharapkan dapat dilaksanakan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya, kepada Kecamatan peserta tidak perlu ada seremonial penyambutan berlebih pada kedatangan Tim penilai, karena Tim Penilai akan lebih fokus pada tugas penilaian meskipun nantinya camatnya tidak ada ditempat. Waktu penilaianpun juga akan diupayakan lebih efisian atau kurang lebih 30 menit perlokasi kecamatan.

Kepala Seksi yang sering menghantarkan sekolah-sekolah di Kabupaten Probolinggo meraih prestasi gelar Adiwiyata ini menjelaskan, bahwa Tim penilai Lomba Liberti  tersebut akan dilakukan oleh Juri yang keanggotaannya meliputi berbagai unsur satuan kerja terkait, antara lain : DLH, Dinas Perkim, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Kesehatan, dan Tim Penggerak PKK Kabupaten.

Unsur yang akan dinilai meliputi : komponen lingkungan didalam dan luar bangunan Kantor Kecamatan, Rumah dinas camat, kelembagaan dan partisipasi. Sub komponen penilaian akan menyesuaikan kondisinya, diantaranya : Sampah, tempat sampah, penanganan sampah, pengelolaan sampah, Ruang terbuka hijau, Drainase, pemanfaatan pekarangan, kegiatan konservasi air, kebersihan ruangan, sanitasi, upaya hemat energy, keindahan dan kerindangan, kelembagaan dan partisipasi, serta komponen-komponen lainnya.

Skor penilaian masing-masing komponen akan di kuantifikasi dan kualifikasikan dalam 3 klasifikasi, yaitu point 71 – 90 (baik), 51 – 70 (sedang), 30 – 50 (kurang). Selanjutnya akan ditetapkan 5 peraih nilai tertinggi sebagai pemenang lomba, Juara I, II dan III, serta harapan I dan II. Masing-masing juara akan diberikan hadiah berupa uang pembinaan, tropy dan piagam penghargaan.

Pada lomba Liberti 2017  tahun lalu diketahui 5 Kecamatan peraih Juara, secara berurutan : Kecamatan Pajarakan, Dringu, Kotanyar, Gading, dan Paiton.

Bagaimana dengan tahun 2018 ini ..  Ayo…. siapa menyusul … !!!!! (Bid.P2KLH 22/3/18)