Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo bersama PT. Paiton Operation & Maintenance Indonesia (POMI) – Paiton Energy melakukan survey lokasi ke hutan kota Kraksaan, pada Rabu (16/06/21).
Survey ini berkaitan dengan rencana kerja sama pengembangan taman dan hutan kota berbasis pemberdayaan masyarakat.

Hutan Kota Kraksaan yang berlokasi di Desa Kebonagung memiliki luas sekitar 3 Ha, ditetapkan dengan Keputusan Bupati Probolinggo Nomor: 650/559/426.12/2003 tentang Penetapan Hutan Kota Kraksaan.
Hutan kota Kraksaan merupakan salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) publik yang pengelolaannya ada di DLH Kabupaten Probolinggo.

Hutan kota dapat dimanfaatkan untuk keperluan pariwisata alam, rekreasi atau olah raga, dan budidaya hasil hutan bukan kayu, sepanjang tidak mengganggu fungsinya.

Untuk mengoptimalkan pemanfaatan hutan kota, rencana ke depan PT. POMI-Paiton Energy melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) akan memfasilitasi pengembangan sentra tanaman hias dengan melibatkan Paguyuban Pedagang Bunga di Kraksaan.

Selain kerja sama dalam pengembangan hutan kota, PT. POMI-Paiton Energy juga akan menyelenggarakan pelatihan arsitektur landscape (seni taman) dan studi banding pengelolaan taman dengan peserta dari desa Proklim (Program Kampung Iklim) dan DLH.

Kerja sama dalam pemanfaatan RTH ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung Proklim sekaligus mengoptimalkan fungsi RTH, yaitu fungsi ekologis sebagai paru-paru kota dan fungsi sosial budaya, ekonomi, serta estetika.