Dringu 2018. Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih hijau dan sehat perlu didukung oleh semua pihak termasuk lingkungan kantor Kecamatan dan peran aparatnya. Guna mendorong dan memotivasi aparat Kecamatan di Kabupaten Probolinggo berperan mewujudkannya, Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui DLH menggelar Lomba Lingkungan Bersih Teduh dan Indah (LIBERTI) yang secara rutin digelar setiap tahun.

       Pada tahun 2018 telah dilaksanakan penilain pada tanggal 16 sampai dengan 25 April  pada 24 Kecamatan se Kabupaten Probolinggo, selanjutnya pada pertengahan bulan Mei atau sebelum memasuki bulan Puasa Ramadan, Tim Juri Lomba melaksanakan rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan lomba dan menetapkan Kecamatan peraih nilai terbaik berdasarkan indikator dan komponen capaian masing-masing Kecamatan, bertempat di ruang pertemuan DLH.

       Masing-masing anggota Tim Juri yang terdiri dari berbagai unsur, antara lain Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan kawasan pemukiman dan Pertanahan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Kesehatan, dan Tim Penggerak PKK Kabupaten menyampaikan hasil penilaiannya meliputi : Komponen lingkungan luar bangunan kantor Kecamatan, Komponen dalam kantor Kecamatan, Komponen rumah dinas, Komponen kelembagaan dan partisipasi.

Adapun 5 besar Kecamatan peraih nilai tertinggi sebagai pemenang lomba Kecamatan LIBERTI  Tingkat Kabupaten Tahun 2018, ditetapkan sebagai berikut  :

  • Juara  I                       Nilai     3.333            Kecamatan Maron
  • Juara  II                      Nilai     3.310            Kecamatan Kotaanyar
  • Juara III                      Nilai     3.275            Kecamatan Pajarakan
  • Juara Harapan I         Nilai     3.272            Kecamatan Dringu
  • Juara Harapan II        Nilai     3.267            Kecamatan Banyuanyar

Kepada masing-masing Kecamatan pemenang lomba akan segera diberikan hadiah berupa uang pembinaan, tropy dan piagam penghargaan.

Berdasarkan hasil penilaian tersebut, terjadi kejutan lompatan prestasi yang diraih Kecamatan Maron. Pada tahun 2017 sebelumnya Kecamataan Maron tidak termasuk Kecamatan yang memperoleh 5 besar nilai tertinggi. Tahun 2018 ini berhasil menggeser prestasi Kecamatan Pajarakan, Dringu dan Kota Anyar serta Kecamatan lainnya. Demikian pula Kecamatan Banyuanyar pada tahun sebelumnya tidak termasuk 5 besar, namun pada tahun 2018 ini berhasil masuk 5 besar Kecamatan peraih nilai tertinggi, yaitu Juara Harapan II

Pada lomba LIBERTI tahun 2018 ini, Kecamatan Pajarakan turun prestasinya dibanding penilaian tahun 2017, yaitu dari Juara I pada tahun 2017 menjadi  Juara III pada tahun 2018. Kecamatan Dringu juga turun dari Juara II menjadi Juara Harapan I. Sedangkan Kecamatan Kota Anyar naik prestasinya dari Juara III menjadi Juara II.

Kecamatan Gading dan Paiton yang sebelumnya meraih Juara Harapan I dan II, pada tahun 2018 ini turun tidak termasuk 5 besar.

Selamat dan Sukses .. !! kepada Kecamatan peraih nilai tertinggi, semoga kebersihan dan kelestarian lingkunganya selalu terjaga dengan baik dan berkesinambungan, kepada Kecamatan lainnya semoga cepat berbenah untuk mewujudkan lingkungan bersih, teduh dan indah. (Bid. P2KLH 6/618).