Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) yang diperingati setiap tanggal 5 November merupakan salah satu hari peringatan lingkungan hidup yang menjadi agenda tahunan di Indonesia.

Peringatan HCPSN sendiri pertama kali digagas pada tahun 1993 oleh Presiden Soeharto dengan mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional.

HCPSN memiliki tujuan untuk meningkatkan perlindungan dan pelestarian flora dan fauna serta untuk menumbuhkembangkan kepedulian, rasa cinta dan kebanggaan terhadap flora dan fauna Indonesia.

Tema yang diusung pada HCPSN Tahun 2021 ini, yaitu “Keanekaragaman Puspa dan Satwa: Aset Dasar Pemulihan Ekonomi Nasional.” dengan maskot pidada (Sonneratia alba) dan koral (Acropora suharsonoi).

Pidada adalah salah satu tumbuhan pioner yang berperan penting dalam membentuk ekosistem mangrove, dengan nama lokal perepat, bidada, pedada, pidada putih, pupat, muntu, susup dan lain sebagainya.

Sedangkan Acropora suharsonoi merupakan jenis koral endemik yang biasa hidup di lereng terumbu dengan kedalaman lebih dari empat meter dan hanya dapat dijumpai di sekitar Kepulauan Bali dan Lombok.

#HCPSN2021
#HariCintaPuspadanSatwa