Hari Bumi atau Earth Day diperingati setiap tahun pada tanggal 22 April. Tujuan peringatan hari bumi adalah untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap bumi sebagai tempat tinggal kita. Peringatan Hari Bumi pertama kali dilangsungkan pada 22 April 1970.

PBB merayakan hari Bumi pada tanggal 20 Maret, di mana matahari berada tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret. Namun PBB juga mengakui tanggal 22 April sebagai hari bumi dan secara resmi merayakan 22 April sebagai “International Mother Earth Day“.

Tema Hari Bumi tahun 2020 adalah “Climate Action” atau diterjemahkan menjadi “Aksi Iklim”. Perubahan iklim menyebabkan terjadinya perubahan pola curah hujan, kenaikan suhu udara, kenaikan muka air laut, dan meningkatnya intensitas kejadian iklim ekstrim.

Faktor yang menyebabkan perubahan iklim antara lain meningkatnya gas rumah kaca, kerusakan lapisan ozon dan kerusakan fungsi hutan. Perubahan iklim telah menjadi salah satu masalah lingkungan dunia yang membutuhkan aksi nyata untuk mengatasinya.

Pada saat ini bumi kita tidak hanya mengalami krisis ekologi, pandemi Corona pun melanda berbagai penjuru dunia. Tercatat lebih dari 2,3 juta orang posistif Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) dengan angka kematian 160.120 jiwa meninggal dunia. Di Indonesia sendiri tercatat ada 6.760 orang positif dan 590 jiwa meninggal dunia (Update 21 April 2020).

Untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, dapat dilakukan dengan cara menggunakan masker saat keluar rumah, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak aman dan upayakan untuk tetap di rumah.

Terkait dengan himbauan untuk tetap di rumah, beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di rumah sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup sekaligus sebagai aksi iklim antara lain:

1. Memilah sampah rumah tangga sesuai dengan jenisnya
2. Membuat kompos dari sampah organik menggunakan keranjang takakura atau tong komposter
3. Membuat kreasi kerajinan tangan dari sampah anorganik
4. Menanam dan merawat tanaman di halaman rumah

#DiRumahAja
#StayAtHome