Dalam rangka pengendalian pencemaran air limbah dari sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan SIMBALING (Sedot Air Limbah Keliling) di Kabupaten Probolinggo pada Rabu (13/10/21).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengurangi beban pencemar yang bersumber dari air limbah industri khususnya UMKM yang belum memiliki IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah).

DLH Provinsi Jatim melakukan uji coba untuk membantu pengolahan air limbah secara ex-situ, yaitu dengan menyedot air limbah yang telah ditampung dalam bak penampung di lokasi usaha untuk dikirim ke IPAL kawasan Industri di Surabaya guna dilakukan pengolahan lebih lanjut.

Kegiatan SIMBALING oleh DLH Provinsi Jatim tahun 2021 terfokus di Wilayah Sungai (WS) Welang-Rejoso yang meliputi Kabupaten/Kota Probolinggo dan Kabupaten/Kota Pasuruan. UMKM yang menjadi sasaran SIMBALING yaitu Rumah Makan/Catering, perusahaan tahu/tempe, Rumah Potong Hewan (RPH) dan peternakan.

Penyedotan air limbah di Kabupaten Probolinggo dilakukan di 2 (dua) lokasi perusahaan tahu di Desa Warujinggo dan Jorongan Kecamatan Leces. Kedua perusahaan tahu tersebut saat ini sedang membangun IPAL dan dalam tahap uji coba.

Dengan adanya program SIMBALING ini diharapkan dapat mengurangi permasalahan pencemaran air permukaan akibat adanya kegiatan masyarakat di sepanjang wilayah sungai, khususnya pada WS Welang-Rejoso.

#Simbaling