Dalam rangka mendukung keterbukaan informasi publik, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo membuat kanal informasi berupa website dan media sosial sebagai sumber informasi resmi yang akan dipublikasikan kepada masyarakat.

Sangatlah penting bagi lembaga atau instansi pemerintah untuk meningkatkan kemampuan SDM yang berkompeten di bidang media informasi terutama dalam mengolah, mengelola, menyalurkan, dan mendistribusikan informasi pada media online. Berkaitan dengan hal tersebut, DLH Kabupaten Probolinggo menggelar Pelatihan Internal Jurnalistik pada Kamis (15/08/19).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan DLH tersebut, dihadiri oleh 20 orang staf yang mewakili Sub bagian dan Seksi di DLH Kabupaten Probolinggo. Pelatihan dibuka oleh Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas LH,  Anang Budiarto yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan SDM staf DLH.

“Terutama agar bisa mengoptimalkan website dan media sosial yang telah dimiliki, sebagai media yang dapat meningkatkan aksesibilitas publik terhadap kegiatan dan kinerja pemerintah daerah,” katanya.

Peserta diberikan materi tentang teori dasar jurnalistik dan fotografi jurnalistik dengan narasumber Imam Wahyudi dari Pro TV. Dalam kesempatan tersebut disampaikan kiat-kiat dan strategi tentang cara membuat berita yang menarik.

“Teori jurnalistik itu mudah dipelajari, tetapi tidak mudah untuk dipraktekkan. Sebab, kalau ingin menguasai jurnalistik, berarti harus melakukan proses menulis terus menerus,” kata pria yang kerap disapa Yudi itu.

Dengan adanya pelatihan jurnalistik ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas berita dan konten-konten di website dan media sosial DLH Kabupaten Probolinggo. (P2KLH)