Dalam rangka meningkatkan kemampuan SDM yang berkompeten di bidang media informasi terutama dalam kegiatan survei, pemetaan dan jurnalistik, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo menggelar pelatihan dasar pengoperasian drone pada Rabu (30/09/20).
Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan DLH tersebut, diikuti oleh 15 orang staf yang mewakili Sekretariat dan Bidang di DLH Kabupaten Probolinggo. Acara ini dibuka oleh Sekretaris DLH, Asep Chairul Saleh dan didampingi oleh Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas LH, Mohammad Said.
Peserta diberikan materi tentang teori dasar fotografi dan pengoperasian drone dengan narasumber dari Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo.
Dalam kesempatan tersebut disampaikan mengenai teori dan praktek menerbangkan drone, tips perawatan dan aturan dalam penggunaan drone.
Drone adalah alat serupa pesawat tanpa awak dengan teknologi canggih yang dapat dikendalikan melalui remote control serta memiliki kemampuan terbang pada ketinggian tertentu.
Drone dilengkapi dengan kamera untuk memantau ataupun merekam gambar. Selain digunakan untuk keperluan militer, drone juga digunakan dalam fotografi serta pembuatan video. Drone menggunakan baterai yang dapat diisi ulang atau di-charge untuk daya penerbangannya.
Pesawat drone mempunyai banyak kegunaan seperti pencarian dan penyelamatan korban bencana, memantau lalu lintas dan cuaca, membantu pemadaman kebakaran, dan juga untuk fotografi udara.
Dalam bidang lingkungan hidup, drone dapat digunakan untuk pemetaan tutupan lahan, pengamatan wilayah yang mengalami kerusakan lingkungan akibat penambangan liar, illegal logging, ataupun untuk pengawasan kehidupan satwa dan tumbuhan liar.