Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo mengadakan pembinaan bank sampah pada Senin (19/10/20). Acara yang dilaksanakan di Iyon’s Café Desa Sentong – Krejengan ini, dihadiri oleh 30 orang peserta terdiri dari 15 pengurus bank sampah, pembina komunitas bank sampah serta pengepul di beberapa daerah di Kabupaten Probolinggo.

Pembinaan ini bertujuan untuk memotivasi pengurus bank sampah dalam upaya pengelolaan sampah dan manajemen bank sampah sehingga berbentuk bank sampah yang mandiri.

Dalam acara ini disampaikan materi pembinaan oleh tiga orang narasumber yaitu Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Probolinggo (Zaenal Ansori), CSR PT. POMI-Paiton Energy (Nina Ari Wahyuni) dan Ketua Komunitas Bank Sampah Kabupaten Probolinggo (Muhammad Azis).

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah menyampaikan materi tentang Pengetahuan Pengolahan Sampah dan CSR PT. POMI-Paiton Energy menyampaikan materi “Rencana Tindak Lanjut Optimalisasi Peran Bank Sampah dalam Edukasi Pengurangan Sampah Rumah Tangga”. Sedangkan pemateri terakhir yaitu Ketua Komunitas Bank Sampah Kabupaten Probolinggo menjelaskan mengenai manajemen bank sampah.

Pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah diharapkan mampu membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan sampah sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) disebutkan bahwa bank sampah memberikan kontribusi terhadap pengurangan sampah nasional sebesar 1,7% dengan pendapatan rata-rata sebesar Rp. 1.484.669.825 per tahun. Angka ini setara dengan 1.389.522 ton sampah per tahun.

Keuntungan ekonomi sirkular tersebut diperoleh dari pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Bank Sampah dengan menerapkan prinsip 3R (reduce, reuse dan recycle). Partisipasi aktif masyarakat dalam memilah dan mengolah sampah pada sumbernya menjadi kunci keberhasilan manajemen Bank Sampah.

Di Kabupaten Probolinggo telah terbentuk 20 bank sampah. Dengan adanya pembinaan teknis bank sampah, diharapkan bank sampah di Kabupaten Probolinggo akan terus bertambah, baik jumlah, omzet dan tingkat reduksi sampahnya.

#BankSampah
#WasteBank