Menindaklanjuti Keputusan Bupati Probolinggo Nomor: 188/348/426.32/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19 di Kabupaten Probolinggo, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo melakukan penutupan sementara pada taman dan hutan kota.

Dalam Keputusan Bupati disebutkan bahwa penerapan PPKM Darurat Covid-19 salah satunya dilakukan dengan penutupan sementara fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya), mulai tanggal 3 Juli 2021 sampai dengan tanggal 20 Juli 2021.

Penutupan taman dan hutan kota dilakukan dengan pemasangan pagar dan pemadaman lampu taman pada malam hari. Lokasi yang ditutup antara lain Alun-alun Kraksaan, Hutan Kota Kraksaan, Taman Sumberlele (SL Park), dan taman di Stadion Gelora Merdeka.

Penutupan ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kerumunan di tempat umum sebagai upaya menekan laju penularan Covid-19, terlebih virus varian baru yang memiliki tingkat penularan yang lebih cepat.

Covid-19 paling mudah menular pada interaksi jarak dekat, keramaian, aktivitas dengan bernapas kuat misalnya berbicara dengan tidak menggunakan masker.

Beberapa minggu terakhir ada kecenderungan kenaikan kasus Covid-19 di Kabupaten Probolinggo. Hingga tanggal 7 Juli 2021, kasus aktif Covid-19 sudah mencapai 198 orang.

Masyarakat diharapkan dapat memahami dan mematuhi aturan pemerintah terkait PPKM darurat Covid-19, sehingga tingkat penyebaran virus Corona di Kabupaten Probolinggo dapat terkendali secara maksimal.

#ppkmdaruratcegahcovid