Sumberasih 2018, Panorama alam baharinya yang indah dan pemandangan alam bawah lautnya oleh keberadaan terumbu karang, menjadikan Pulau Gili Ketapang akhir-akhir ini mulai banyak dikenal masyarakat luas sehingga berkembang menjadi  lokasi destinasi wisata baru berupa wisata snorkling.

                   Perhatian dan kepedulian masyarakat termasuk dunia usaha pun bermunculan melakukan  kegiatan aksi nyata untuk menjaga kelestarian dan keindahan lingkungan. Beberapa aksi lingkungan yang dilakukan oleh kelompok masyarakat pemerhati lingkungan pada tahun ini antara lain : kegiatan sapu pantai dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, pembersihan pantai dan terumbu karang / Coastal  under water  clean up dalam rangka Hari Bumi, dan konservasi  alam berupa penanaman pohon.

                   Mengawali musim penghujan tahun ini tepatnya  akhir Nopember 2018, Perusahaan Listrik Negara PT. PLN (Persero) melalui UP3 Pasuruan dan Unit Pelayanan Pelanggan (ULP) Probolinggo selaku perusahaan yang mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di pulai Gili Ketapang ambil bagian melakukan aksi peduli lingkungan dengan melaksanakan penanaman tanaman penghijauan sebanyak kurang lebih 50 pohon, terdiri dari  tanaman keras dan tanaman buah atau jenis MPTS (Multi Purpose Trees Species),  agar dapat memiliki nilai koservasi menjadikan pulau Gili Ketapang sejuk dan indah, dan tanaman tersebut nantiya memiliki multi fungsi dan manfaat lainnya.

                   Penyelenggaraan kegiatan penanaman tanaman penghijauan ini adalah merupakan bagaian dari rangkaian pelaksanakan program PLN Peduli yang serentak melaksanakan penanaman sebanyak 22.000 pohon se Indonesia. Untuk PLN Unit Induk Distribusi Jatim melaksanakan minimal 1000 pohon, sedangkan PLN UP3 Pasuruan bersama ULP Probolinggo melaksanakannya penanaman 50 Pohon di Pulau Gili Ketapang.

                   Pada tahun 2018 ini PLN memberikan perhatian khusus kepada Desa atau Pulau Gili Ketapang dengan meningkatkan pelayanan penyediaan listrik kepada masyarakat, antara lain : membanguan dan memindahkan gedung unit pembangkit tenaga diesel yang sebelumnya berdekatan dengan pemukiman  warga dan gedung sekolah (SD, SMP) dipindah ke lokasi baru yang lebih luas, Memperbesar  kapasitas pembangkit, mengoperasikan pembangkit selama 24 jam penuh per hari, membangun dan memperluas jaringan listrik, menambah travo (secara bertahap) untuk meningkatkan jangkauan layanan.

Melalui pelaksanaan program PLN Peduli Lingkungan di Pulau Gili Ketapang ini, maka sekaligus melaksanakan  penanaman tanaman perindangan pada lahan terbuka didalam area PLTD di lokasinya  yang baru.

Kepekaaan dan kepedulian lingkungan yang ditunjukkan perusahaan tersebut patut untuk diapresiasi dan semoga dapat menjadi motivasi warga dan yang lainnya.  (Bid. P2KLH 12/12/18)