Kraksaan 2018, Jum’at pagi 12 Pebruari 2018 atau tepat sehari setelah melaksanakan Sosialisasi Persampahan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo menyelenggarakan kegiatan aksi lingkungan bersih-bersih sampah di Kota Kraksaan. Kegiatan ini melibatkan para karyawan/karyawati seluruh bidang dan sekretariat pada DLH serta unsur masyarakat.

Diawali dengan apel bersama di depan Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan, selanjutnya menyebar menuju kebeberapa titik lokasi ruang publik khususnya yang menjadi titik pantau penilaian Adipura, seperti : Taman Kali Rondoningo, Pasar Buah Semampir, Stadion Gelora Merdeka, Kampung Melayu dan beberapa titik lokasi lainnya. Aksi ini juga dilakukan serentak di seluruh Desa/Kelurahan yang ada di Kecamatan kraksaan termasuk beberapa OPD terkait diantaranya Dinas PUPR yang melaksanakan bersih-bersih sampah di sungai.

Kegiatan aksi bersih-bersih sampah ini adalah tindak lanjut dari Surat Edaran Meteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang merupakan rangkaian kegitan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018, Aksi bersih-bersih sampah ini akan dilaksanakan serentak selama 3 bulan mulai dari tanggal 21 Januari 2018 s/d 21 April 2018 dengan agenda “Tiga Bulan Besih Sampah (TBBS)” yang puncak peringatannya jatuh pada tanggal 21 Februari 2018 dengan tema “Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah” demikian ungkapan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo Ir. Rachmad Waluyo, M.Si pada kesempatan Apel persiapan.

Lebih lanjut ditegaskan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo berkomitmen terhadap penanggulangan dan pengelolaan sampah serta kebersihan lingkungan khususnya pengelolaan sampah rumah tangga.

Kedepan aksi serupa bersama masyrakat perlu terus ditingkatkan dan dibudayakan sebagai upaya menwujudkan lingkungan yang bersih dan sehat agar tercipta Lingkungan Bersih, Teduh dan Indah (LIBERTI) di Kabupaten Probolinggo.

(Bid. PSampah, 13/2 18)