Leachet-tpa

Memasuki awal tahun 2017 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo telah bertekad untuk meningkatkan kinerja pengoperasian Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah yang menjadi tanggung jawab Dinas, yaitu TPA yang berlokasi di Desa Seboro Kecamatan Krejengan. Untuk itu, guna mengetahui keberhasilah dalam pengelolaan limbah cair TPA atau Air lindi (leacheat) TPA tersebut, maka pada tanggal 9 Februari 2017 dilaksanakan pemantauan dengan mengambil sample air lindi untuk diuji kualitasnya pada laboratorium lingkungan yang terakreditasi.

Leachet-tpa

Pengujian kualitas lindi (leacheat) TPA ini adalah merupakan salah satu sub rangkaian pelaksanaan kegiatan monitoring kualitas lingkungan pada Program pengendalian pencemaranTahun Anggaran 2017, pengujian kualitas leacheat tersebut akan dilakukan rutin setiap bulan, demikian disampaikan oleh YUSDI VARI AFADI, ST, M.Si Selaku penanggung jawabpelaksana kegiatan.

Lindi (Leacheat) adalah air limbah yang dihasilkan akibat masuknya air eksternal ke dalam timbunan sampah yang melarutkan materi- materi organik hasil dekomposisi sampah. Pengolahan lindi merupakan bagian yang takterpisahkan dengan pengelolaan sampah padaTempat Pemrosesan Akhir (TPA).Pengolahan lindi dilakukan melalui penyaluran lindi dari dasar timbunan sampah yang kedap kedalam bak ekualisasi, dilanjutkan proses pengolahan fisik dan biologis pada unit Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Pengujian kualitas air lindi (leacheat) menurut Kepala Seksi Pemantauan lingkungan pada Bidang P2 hasilnya akan mengacu pada baku mutu sesuai ketentuan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.59/menlhk/setjen/kum.1/7/2016. Hasil uji lab kualitas air lindi leacheat tersebut nantinya selain akan menjadi bahan evaluasi kinerja IPAL Lindi, juga dimaksudkan untuk menjadi salah satu persyaratan dalam pemenuhan kriteria penilaian Adipura.